Perhutani Saradan Lakukan Rakor Persiapan Vertek Kullin KK bersama LMDH

SARADAN, PERHUTANI (05/08/2019) | Menjelang pelaksanaan verifikasi teknis (Vertek) permohonan  Kemitraan Kehutanan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK), Perhutani Kesatuan  Pemangkuan Hutan (KPH) bersama 41 Lembaga Masyarakat Desa Hutan  (LMDH) melakukan rapat koordinasi (Rakor) persiapan, bertempat di aula kantor Perhutani KPH Saradan, Senin (5/8).

Persiapan tersebut meliputi data peta SHP, luas lahan, jumlah  penggarap, KTP (NIK) dan KK sebagai persyaratan pengajuan Perhutanan Sosial (PS) dengan  skema pengakuan  dan perlindungan  (Kulin) KK.

Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochmman menyampaikan bahwa pihaknya telah  mengajukan permohonan usulan Kemitraan Kehutanan sebanyak  41 LMDH  ke Kementerian LHK  pada tanggal 18 September 2018 lalu.

Sementara itu kata dia baru ada 15 LMDH yang  dilakukan vertek oleh KLHK dan sisanya akan dijadwalkan setelah hari besar  Idul Adha 1439 hijriyah. “Kita berharap dari 41 LMDH yang kita  usulkan  semua bisa  lulus verifikasi agar segera mendapatkan SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) dari  Kementerian LHK,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Ketua Perkumpulan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH) wilayah  KPH Saradan Sunaryo mengatakan, “Kami merasa senang  dan mendukung sepenuhnya atas kegiatan vertek yang dilakukan oleh KLHK. Kami akan menyiapkan semua data yang diperlukan terkait persyaratan untuk mendapatkan pengakuan Kemitraan Kehutanan,” ujarnya.

Sunaryo juga berharap agar LMDH yang tergabung dalam PLMDH ini bisa segera mendapatkan SK Kulin KK dari KLHK supaya tenang dalam mengelola lahan dan dapat bersinergi dengan program Perhutani. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019