Perhutani Sukabumi Gandeng LMDH dan Pemdes Kembangkan Curug Cipameungpeuk

SUKABUMI, PERHUTANI (8/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulya dan Pemerintah Desa Ciengang Kecamatan Geger Bitung Kabupaten Sukabumi mengembangkan wisata alam rintisan Curug Cipameungpeuk yang terletak di kawasan hutan petak 38d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Takokak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikawung.

Wisata Curug Cipameungpeuk memiliki panorama alam yang indah dan potensi untuk dikembangkan menjadi lebih besar. Potensi keindahan alam yang dapat dinikmati pengunjung di lokasi tersebut diantaranya adalah air terjun, aliran sungai Cipameungpeuk yang jernih, serta kesejukan udara yang masih terjaga.

Administratur KPH Sukabumi, Agus Yulianto pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa pengembangan Curug Cipameungpeuk merupakan upaya Perhutani dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memajukan dunia kepariwisataan di Sukabumi.

“Kami berharap pengembangan wisata Curug Cipameungpeuk yang dilakukan Perhutani bersama pemerintah dan masyarakat akan memberikan nilai tambah bagi kemajuan dunia kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi,” ujar Agus di tengah perbincangan.

Harapan senada juga disampaikan Kepala Desa Ciengang, Yudius Hidayat Bagja yang menyatakan bahwa pengembangan lokasi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi desa dan masyarakat serta mendukung program pemerintah di bidang pariwisata.

“Dengan dilakukannya pengembangan wisata alam Curug Cipameungpeuk, dapat menggairahkan kegiatan masyarakat baik di bidang wisata, ekonomi dan lingkungan di Desa Ciengang. Kami sangat berharap Desa Ciengang akan lebih dikenal di dalam maupun luar Sukabumi,” ujar Yudius.

Sebagai langkah awal pengembangan, saat ini Perhutani, Pemerintah Desa Ciengang, dan masyarakat setempat sedang melakukan penataan kembali lokasi wisata dan pembangunan prasarana jalan menuju lokasi wisata Curug Cipamengpeuk. (Kom-PHT/Skb/Tfk)

Editor : Ywn

Copyright©2019