Perhutani Sumedang dan LMDH Berbagi Kiat Sukses Perhutanan Sosial

SUMEDANG, PERHUTANI (30/08/2019) | Wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang menjadi lokasi pelaksanaan studi banding Perhutanan Sosial (PS) Balai Diklat Lingkugan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Kadipaten,  Kamis (29/08).

Kegiatan yang berlangsung di gedung milik Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Paniis ini diikuti oleh peserta pendamping PS dari BDLHK sebanyak 30 orang.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengarahan serta sharing mengenai keberhasilan Perhutani dalam membina LMDH Paniis, untuk kemudian diterapkan oleh para peserta studi banding di daerahnya masing-masing dalam rangka pencapaian sukses Perhutanan Sosial. Sejumlah materi dibagikan dan dikupas tuntas mulai dari sejarah LMDH Paniis, kerjasama Perhutani dengan LMDH, hingga kiat sukses dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan melalui Wakil Administratur Agus Kurnia yang menjadi narasumber di acara tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan Perhutanan Sosial sangat memerlukan dukungan dari masyarakat agar bisa berhasil.

“Masyarakat merupakan pendukung utama dalam menyukseskan program Perhutanan Sosial ini,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta asal Boyolali, Warni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Perhutani Sumedang dan LMDH Paniis yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman mengenai Perhutanan Sosial pada kegiatan ini.

“Terima kasih Perhutani Sumedang dan LMDH, semoga dengan acara ini kita semua bisa belajar menyukseskan program Perhutanan Sosial,” ungkap Warni. (Kom-PHT/Smd/Snr)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019