Siap Berpetualang di Tanah Papua, Perhutani, PTPN III, KIMA, dan RNI Lepas 23 Peserta SMN Sulawesi Barat

JAKARTA, PERHUTANI (14/08/2019) | Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III), PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) serta Pemprov Sulawesi Barat resmi melepas 23 siswa terbaik Provinsi Sulawesi Barat untuk program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 ke Provinsi Papua Barat di ruang pertemuan lantai II Kantor Gubernur Sulawesi Barat (14/8).

Para siswa dilepas secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar Papua dengan menyematkan tanda peserta, topi, tas, dan jaket SMN 2019.

Plt. Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PTPN III, Widya Udiantini selaku PIC mewakili Perum Perhutani, PT KIMA, dan PT RNI menyampaikan laporannya kepada Wakil Gubernur Sulbar bahwa 23 peserta SMN yang akan berangkat ke Papua Barat ini terseleksi dari 275 kandidat. Para siswa akan didampingi dua orang guru teladan dan satu orang ASN teladan Sulbar yang bertanggung jawab selama kegiatan berlangsung. Ia juga menyatakan, demi keamanan para peserta SMN selama berada di Papua Barat, pihaknya melibatkan pihak TNI untuk melakukan pengawalan.

“Kami dari empat BUMN sebagai perwakilan Kementerian BUMN memfasilitasi kegiatan SMN Papua 2019 ini agar para siswa mendapatkan wawasan tentang Nusantara. Kami melibatkan sejumlah pihak seperti TNI dan Dinas Pendidikan untuk mengawal kegiatan SMN 2019.” Ujarnya.

Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjadi peserta SMN menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para pelajar dan para orang tua, sebab tak semua siswa SMA sederajat mempunyai kesempatan seperti itu. Ia berharap, para peserta SMN menjaga nama baik Sulbar di daerah lain serta saling menjaga dan mengingatkan. Ia pun berpesan agar peserta SMN bisa memperkenalkan Sulbar di Papua Barat, utamanya yang berkaitan dengan nilai budaya.

“Selamat berangkat anak-anakku, selamat juga sampai nanti pulang. Terima kasih kepada BUMN yang tahun ini mendampingi dan memberikan kegiatan pada anak-anak kami. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut terus hingga nanti di tahun-tahun mendatang seluruh Provinsi di Indonesia terkunjungi.” Ujar Enny.

Salah satu perwakilan SMN bernama Fahri Ramadhan mengungkapkan rasa bangganya terpilih dalam SMN 2019 dan harapannya dalam penyelenggaraan Siswa Mengenal Nusantara.

“Mewakili teman-teman peserta, kami berterima kasih kepada BUMN penyelenggara SMN Provinsi Sulawesi Barat tahun 2019 yang telah memberi kesempatan untuk dapat mengenal dan memperkaya wawasan tentang keberagaman indonesia. Semoga program ini dapat dilakukan secara kontinyu untuk menanamkan kebanggaan dan rasa cinta tanah air sejak dini pada generasi muda.” Ungkapnya penuh semangat.

Setelah acara pelepasan peserta SMN Sulawesi Barat, tim Perhutani, PTPN III, KIMA, dan RNI akan bersiap menerima kehadiran peserta SMN Papua Barat di Mamuju pada Rabu sore (15/8). Mereka akan dibawa bawa ke lokasi-lokasi yang telah disiapkan termasuk ke Rumah Kreatif BUMN dan acara Sandeq Race Festival 2019.

Siswa Mengenal Nusantara adalah rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri dan dilaksanakan seluruh BUMN di 34 Provinsi Republik Indonesia. PTPN III ditunjuk sebagai PIC bersama Perum Perhutani, PT KIMA, dan PT RNI sebagai CO-PIC dalam melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri untuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat. (Kom-PHT/PR/2019-VIII-30)

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Asep Rusnandar – Sekretaris Perusahaan
Telp. (021) 5721282
Fax. (021) 5743579
Informasi tambahan Perum Perhutani di www.perhutani.co.id

Artikel Terkait: