Wakil Bupati Nganjuk Sambangi LMDH Jati Kusumo di Desa Sudimoroharjo

NGANJUK, PERHUTANI (19/08/2019) | Wakil  Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi sambangi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Kusumo yang masuk wilayah kerja Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sudimorogeneng, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bagor,  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk, tepatnya di Desa Sudimoroharjo Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Senin (19/8).

Kegiatan sambang tersebut dimanfaatkan oleh Marhaen Djumadi untuk menyaksikan secara langsung pengukuhan Pengurus LMDH Jati Kusumo dan Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) Srikandi Jati Kusumo yang baru terbentuk.

Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk, Bambang Cahyo Purnomo yang ikut mendampingi kegiatan Wakil Bupati Nganjuk mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan wujud implementasi dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk, yakni Nganjuk Nyawiji  dengan maksud mengajak semua masyarakat bersama-sama membangun Nganjuk supaya lebih sejahtera.

“LMDH harus mengambil peran yang signifikan dalam menyukseskan program-program yang digagas oleh Perhutani serta Pemerintah, baik Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Kabupaten,” tegas Bambang.

Sementara itu Kepala Desa Sudimoroharjo Totok Kohar  menyampaikan bahwa pihaknya sangat bangga dengan kehadiran Wakil Bupati Nganjuk di Desanya. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi energi yang besar untuk memotivasi semua warga Desa Sudimoroharjo untuk berperan serta membangun Desanya.

Menurut Totok banyak potensi yang ada di Desa Sudimoroharjo untuk diangkat dan dikembangkan supaya ada peningkatan kesejahteraan bagi warganya, “Potensi tersebut antara lain luas hutan pangkuan desa seluas 1.430,3 ha,  dengan jumlah penduduk sekitar 6.000 orang lebih, juga dari bidang pertanian, peternakan dan industri rumah tangga,” ujar Totok.

Usai dikukuhkan, Ketua LMDH Jati Kusumo Tatang Ardhian Syalasa menyampaikan bahwa ia akan berkoordinasi secara intens dengan Perhutani juga pemerintah Desa Sudimoroharjo untuk mewujudkan program kerja LMDH Jati Kusumo, “Baik program yang berbasis lahan (di dalam kawasan hutan) maupun yang berbasis bukan lahan (diluar kawasan hutan),” ujarnya.

Dalam kunjungannya itu Marhaen Djumadi didampingi beberapa Pejabat antara lain Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Cabang Dinas Kehutanan Nganjuk, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Camat, Kapolsek dan Danramil Wilangan. (Kom-PHT/Ngj/Srlt)

Editor : Ywn

Copyright©2019