Wana Wisata ‘Fatrol Valey’ Destinasi Baru di Perhutani Cianjur

CIANJUR, PERHUTANI (15/08/2019) | Wana wisata ‘Fatrol Valey’ yang dirintis pada tahun 2018 oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tani Makmur, kini telah menunjukkan perubahan yang sangat signifikan. Wana wisata keluarga ini menyasar pasar dengan segmen anak-anak dan remaja, sehingga wahana dan fasilitas yang dibangun dalam lokasi tersebut bernuansa milenial, seperti flying fox, gardu pandang, gazebo, tempat swafoto (selfie deck) dan yang lainnya.

Lokasinya berada di petak 45f  masuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cibinong, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tanggeung, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cianjur dengan luas 9,00 hektar yang secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Ankola, Desa Sukajadi, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur.

Administratur Perhutani KPH Cianjur, Mulyadi menyatakan dengan semakin banyaknya lokasi wana wisata yang ada di KPH Cianjur menjadikan alternatif bagi wisatawan untuk memilih tempat liburan yang terjangkau dan menyenangkan dengan fasilitas yang memadai, “Tentunya dengan memanfaatkan keindahan hutan,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Perhutani (Asper) BKPH Tanggeung Ejang Sukiman menjelaskan jika wisata rintisan ‘Fatrol Valey’ tersebut sebenarnya masih dalam tarap uji coba, namun berdasarkan laporan dari Ketua LMDH Tani Makmur bahwa wisata rintisan itu banyak dikunjungi oleh pengunjung pada saat liburan, “Setidaknya sekitar 250 orang pengunjung datang setiap harinya,” ucap Ejang.

Ia menambahkan bahwa lokasi wisata rintisan tersebut mudah diakses karena lokasinya berada pada jalur jalan raya Cianjur-Sindangbarang dan pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harga tiket masuknya hanya 6 ribu rupiah per orang. “Untuk menuju destinasi wisata rintisan ini dari kota Cianjur menuju arah Selatan kurang lebih 85 kilometer,” tuturnya.

Ketua LMDH Tani makmur, Saprudin menyampaikan bahwa kedepan masih ada proses pengerjaan untuk beberapa wahana, “Rumah pohon, arena permainan anak-anak, panggung hiburan dan arena kuda tunggang serta camping ground merupakan wahana yang akan dibangun,” jelas Saprudin. (Kom-PHT/Cjr/Iwn)

Editor : Ywn

Copyright©2019