Antisipasi Gukamhut, Perhutani Gelar Patroli Bersama Polri, BPBD, dan LMDH Balapulang

BALAPULANG, PERHUTANI (13/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang bersama jajaran Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Bumi Tirta Makmur menggelar patroli gangguan keamanan hutan (gukamhut) di wilayah hutan KPH Balapulang, Kamis (12/9).

Patroli yang dilaksanakan di petak 81, 82, 83, 84, 85, 86 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kaligimber Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Margasari tersebut merupakan kegiatan untuk mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan serta gukamhut, terutama di kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani.

Turut dalam kegiatan tersebut antara lain dari Perhutani Wakil Administratur, Asisten Perhutani (Asper) BKPH Margasari beserta jajaran, Danru Polhutmob, Kabag Ops Polres Tegal, Perwira Pembina (Pabin) Jagawana, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Balapulang beserta jajaran, petugas BPBD serta Ketua LMDH Wana Bumi Tirta Makmur.

Wakil Administratur Budi Sutomo, menyampaikan pernyataan Administratur KPH Balapulang A. Fadjar Agung Susetyo bahwa tujuan diadakannya kegiatan patroli bersama ini selain untuk mensosialisasikan pengendalian kebakaran hutan dan lahan juga mengantisipasi Gukamhut di wilayah kawasan hutan di Balapulang khususnya BKPH Margasari di musim kemarau.

‘’ Musim kemarau yang terjadi saat ini sangat rawan terjadinya gukamhut khususnya kebakaran hutan dan lahan sehingga perlu upaya preemtif seperti penyuluhan dan surat pemberitahuan kepada masyarakat dan instansi terkait seperti BKSDA, Polri, Pemda, dan lain–lain. Selain itu perlu juga dilakukan upaya preventif seperti patroli, pemasangan papan larangan dan penghalauan pada pelaku tindak pidana Gukamhut”, ujar Budi.

Sementara itu Kabag Ops Polres Tegal, AKP Aries Heriyanto menyambut baik dan antusias atas pelaksanaan patroli gabungan ini sebagai bentuk sinergi Polri dan Perhutani. Ia berharap di masa yang akan datang kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan baik frekuensi maupun instansi yang terlibat seperti BKSDA serta unsur Desa dan Kecamatan.

Ketua LMDH Wana Bumi Tirta Makmur Tarmidi pun mengatakan bahwa pihaknya selalu siap membantu mengamankan hutan.

“Sebagai mitra dari Perhutani, kami siap membantu dan ikut serta dalam mengamankan hutan dari segala bentuk gangguan”, jelasnya. (Kom-PHT/Blp/Was)

Editor : Ywn

Copyright©2019