Antisipasi Karhutla, Perhutani Mojokerto Gelar Apel dan Simulasi Penanggulangan

MOJOKERTO, PERHUTANI (20/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto Gelar Apel Bersama dalam rangka Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di  petak 31 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kemlagi, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kemlagi, yang dilaksanakan pada Kamis (19/9).

Apel bersama tersebut diikuti oleh jajaran Perhutani KPH Mojokerto, Kepolisian Resor (Polres) Mojokerto, serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah KPH Mojokerto yang dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan karhutla.

Administratur KPH Mojokerto, Suratno dilokasi acara mengatakan jika pihaknya menyambut baik kegiatan sinergitas antar instansi dalam rangka mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayahnya, khususnya yang masuk administratif Kabupaten Mojokerto.

“Dengan adanya kegiatan simulasi ini diharapkan petugas lapangan dan masyarakat bisa menambah wawasan mengenai penanggulangan karhutla, dan jika pada saat ada bencana karhutla bisa tanggap dan cepat mematikan titik api dengan gepyok dan ranting pohon,” kata Suratno.

Kapolres Mojokerto Sigit Dany Setiyono yang menjadi pembina apel bersama, dalam sambutannya menyampaikan bahwa simulasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan membangun sinergitas antar instansi dan masyarakat guna menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Mojokerto.

Dalam apel bersama tersebut secara simbolis dibagikan kepada peserta berupa alat tradisional ‘gepyok’ untuk dipakai dalam kegiatan simulasi karhutla.  Dalam simulasi itu diperagakan bagaimana cara menggunakan ‘gepyok’ untuk memadamkan titk api secara tradisional. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

Copyright©2019