Bukit Gedogan, Wisata Baru Andalan Perhutani Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI  (16/09/2019)  | Wisata alam Bukit Gedogan tak kalah indahnya dengan wisata lain yang ada di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya. Destinasi wisata bukit Gedogan merupakan bukit dengan hamparan hutan pinus yang asri dan rindang di petak 65a  Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sodong, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Taraju, masuk wilayah administratif Desa Cukang Jayaguna, Kecamatan Sodong Hilir, Kabupaten Tasikmalaya.

Lokasi menuju bukit Gedogan melewati indahnya hamparan sawah dan sungai yang dapat dinikmati pengunjung sepanjang perjalanan, sesampainya di lokasi, pengunjung dapat menikmati udara pegunungan yang segar dengan nuansa panorama alam yang sangat indah. Aksesibilitas ke lokasi wisata dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sehingga tidak ada kendala bagi pengunjung yang akan menikmati indahnya wisata Bukit Gedogan.

Pada kesempatan terpisah, Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko mengatakan bahwa destinasi wisata bukit Gedogan sudah dikerjasamakan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mekar melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) di tahun 2019.

“PKS ini merupakan bentuk kepedulian Perhutani kepada masyarakat desa hutan, sehingga sinergitas antara Perhutani dan LMDH dalam pengelolaan wisata bukit Gedogan berjalan baik. LMDH harus aktif berperan serta dalam pengelolaan wisata bukit Gedogan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar hutan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua LMDH Jaya Mekar, Nunu menyatakan terima kasih kepada Perhutani Tasikmalaya yang telah memberikan kepercayaan kepada LMDH untuk mengelola kawasan wisata Bukit Gedogan, serta siap untuk mensukseskan Sapta Pesona dalam pengelolaan wisata di wilayahnya. (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019