Bupati Sumedang Apresiasi Perhutani Atas Sinergi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat

SUMEDANG, PERHUTANI (04/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang  bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang menggelar diskusi bersama bertempat di lokasi Wisata Kampoeng Ciherang Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Timur, Rabu (4/9).

Hadir dalam kegiatan, Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan dan Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir beserta jajaran.

Acara diskusi bersama ini membahas tentang pengembangan potensi wisata dan agro di kawasan hutan Perhutani Sumedang, mulai dari pembahasan lokasi yang potensial untuk dikembangkan, pola Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), pembahasan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang terbentuk dan sharing keuntungan.

Administratur KPH Sumedang, Asep Setiawan menyampaikan bahwa penggalian potensi wisata dan agro masih terbuka untuk investor yang ingin berkolaborasi dengan Perhutani dalam menghijaukan hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari tanaman kopi di kawasan hutan. Asep juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda Sumedang yang telah mendukung dengan diperbaikinya jalan penghubung ke lokasi Wisata Kampoeng Ciherang sepanjang kurang lebih 9 Km dari jalan utama yang dapat mempermudah aksesibilitas.

“Masyarakat juga dapat keuntungan dari kerjasama dengan Perhutani, baik di bidang wisata maupun agro yakni  dengan adanya sharing pendapatan yang diberikan Perhutani kepada masyarakat yang telah bekerjasama.” jelasnya.

Pada kesempatan diskusi tersebut Bupati Sumedang, Doni Ahmad Munir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk  melibatkan dinas terkait dalam  memberikan binaan dan bimbingan, termasuk bantuan modal dan bantuan teknologi  seperti mesin pengering dan penggiling kopi. Sehingga terwujud moto Sumedang Simpati yaitu meningkatkan usaha kecil dan menengah. Pada akhir kesempatan Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani Sumedang yang telah melibatkan LMDH dan masyarakat selaku investor dalam mengelola wisata dan agro.

“Terima kasih Perhutani Sumedang yang telah melibatkan warga masyarakat dalam kegiatan pemanfaatan hutan.” ujar Doni. (Kom-PHT/Smd/Snr)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019