Cegah Karhutla, Perhutani Saradan bersama Stakeholder Gotong Royong Membuat Ilaran Api

SARADAN, PERHUTANI (22/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Saradan dan Komando Rayon Militer (Koramil) Saradan serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandan Asri Desa Klangon melakukan gotong royong pembersihan lahan dan pembuatan ‘ilaran’ api untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bertempat di petak 130e dan 134a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klangon Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pajaran, Sabtu (21/09).

Ditempat terpisah Administratur KPH Saradan Noor Rochman mengatakan jika kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dengan memutus jaringan api agar kebakaran tidak merambah lebih luas.

Menurut ia kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Perhutani dengan jajaran TNI/Polri dan LMDH dalam usaha untuk mencegah terjadinya Karhutla di kawasan hutan Perhutani Saradan.

“Di musim kemarau panjang seperti ini banyak sekali semak belukar kering dan serasah bekas sampah dari hasil panen palawija petani yang masih tersisa, sehingga perlu dibersihkan dan dibuatkan ‘ilaran’ atau sekat untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran dapat di minimalisir,” tambah Noor Rochman

Sementara itu Kapolsek Saradan Sujarwanto dilokasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam pencegahan karhutla sangat perlu diberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak kerugian yang disebabkan akibat kebakaran hutan, salah satunya polusi yang bisa mengganggu kesehatan.

“Tentunya ini perlu adanya kerjasama dari berbagai pihak, jajaran Polsek Saradan siap bekerjasama dan membantu Perhutani untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan melalui kegiatan pencegahan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan melalui himbauan dengan memasang rambu-rambu di daerah rawan kebakaran hutan,” ungkap Sujarwo. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019