Gensawi Kebumen Kampanyekan Gerakan Pungut Sampah Plastik di Wisata Alam Perhutani

KEDU SELATAN, PERHUTANI (11/9/2019) | Bertempat di Wisata Alam Wanalela Kebumen beberapa anak muda yang tergabung dalam komunitas peduli sampah Kebumen GENSAWI mengkampanyekan gerakan pungut sampah plastik khususnya di lingkungan wisata alam yang berada di Kebupaten Kebumen, Minggu (8/9).

Wisata alam Wanalela merupakan salah satu objek wisata yang dikelola Perhutani wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Selatan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan. Kegiatan ini melibatkan anak muda dari kalangan pelajar, mahasiswa, pencinta alam, pokdarwis dan masyarakat sekitar.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto  menyampaikan bahwa mewujudkan pengelolaan hutan lestari tidak bisa hanya dilakukan oleh Perhutani namun penting untuk melibatkan berbagai kalangan masyarakat terutama pada kawasan hutan yang berfungsi sebagai tempat wisata atau yang banyak bersinggungan dengan aktivitas masyarakat.

“Keberadaaan komunitas pecinta alam dan peduli wisata secara tidak langsung sangat membantu Perhutani untuk memupuk kesadaran pengunjung wisata untuk tidak hanya menikmati keindahan alam hutan saja namun juga turut terlibat untuk menjaga hutan”, ujar Yudha

Menurut Hanafi, salah satu penggagas GENSAWI sekaligus karyawan Perhutani KPH Kedu Selatan, GENSAWI baru berdiri satu tahun yang lalu tepatnya pada 9 September 2018, beranggotakan 40 orang terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, pecinta alam, pokdarwis dan lain-lain. Kegiatan bersih-bersih sampah diprogramkan oleh GENSAWI setiap bulan sekali pada minggu pertama. Kelompok peduli sampah dan wisata ini mempunyai moto “BERSAMA ALAM KITA  BERSAHABAT”.( Kom-PHT/KDS/Ken)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019

Artikel Terkait: