Kecantikan Alam Perbukitan Karst Perhutani di Gembong Selatan

KEDU SELATAN, PERHUTANI (13/9/2019) |  Bentang alam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan sangat beraneka mulai pesisir pantai hingga dataran tinggi  pegunungan yang menyimpan kekayaan melimpah.

Salah satunya berupa perbukitan karst yang dibentuk oleh batu gamping terumbu karang terbentang di sepanjang pesisir BKPH Gombong Selatan KPH Kedu Selatan. Bentang alam perbukitan Karst  Gombong Selatan seluas 2.464 Ha berada di Kabupaten Kebumen  tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Ayah, Kecamatan Rowokele dan Kecamatan Buayan termasuk dalam rangkaian Pegunungan Serayu Selatan dengan kondisi geologi yang sangat menarik. Karst Gombong Selatan terdiri atas bukit–bukit kerucut dan gua berair yang terhubung dengan aliran sungai bawah tanah yang muncul melalui rekahan/celahan dan saluran pelarutan.

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa Perbukitan Karst Gombong Selatan mempunyai fenomena keunikan tersendiri dan langka karena banyaknya gua berair yang sebagian sambung menyambung menyatu dengan pemandangan pesisir pantai Gombong Selatan sehingga kawasan ini masuk dalam  High Conservation Value Forest karena mempunyai nilai penting bagi kehidupan dan ekosistem.

“Salah satu upaya Perhutani agar kawasan hutan tetap lestari termasuk perbukitan karst dan ekosistem terjaga adalah bekerjasama dengan  BPDASHL Serayu Opak Progo, kemudian melaksanakan rehabilitasi hutan dan lahan seluas 560,98 Ha, serta pengkayaan tanaman dengan jenis vegetasi yang mudah beradaptasi di pesisir pantai Gombong Selatan antara lain ketapang dan nyamplung di wilayah seluas 120,93 Ha pada tahun ini” jelasnya.

Kesadaran masyarakat sekitar tentang kelestarian lingkungan dan pencegahan eksploitasi juga semakin tinggi berkat koordinasi seluruh pemangku kepentingan, sehingga perbukitan karst tersebut difokuskan pada pengembangan potensi wisata alam dan sebagai bahan penelitian dengan tetap menjaga kelestariannya. (Kom-PHT/Kds/Ken)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019