Menikmati Keindahan Panorama Alam Bukit Mbulu Kalisalak

GATRA.COM (26/9/2019) | Potensi wisata alam di Kabupaten Banyumas beragam, mulai dari perbukitan, bentang alam, hutan, air terjun, hingga aliran sungai.
Salah satu yang tengah moncer yaitu Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Banyumas. Desa ini merupakan destinasi alternatif di selatan Kota Purwokerto.
Wisatawan umumnya mengenal desa ini sebagai kawasan wisata religi karena ada dua objek wisata, yaitu Langgar Jimat Kalisalak dan Makam Karangbanar atau Makam Syeh Sonhaji. Apabila ditelusuri lebih lanjut, desa ini memiliki sejumlah objek wisata alam.
Bukit Mbulu merupakan pilihan utama yang bisa dinikmati. Kawasan ini memiliki pemandangan hamparan pepohonan dan perbukitan nan indah. Selain itu, tepat di tengahnya, terdapat Sungai Ontong mengalir membelah perbukitan.
Bukit wisata yang dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kalisalak ini dibuka sejak tahun 2016. Setiap pekan, selalu ramai pengunjung dari wilayah Banyumas dan Cilacap.
“Pemandangannya cukup indah dari atas sini. Bentang alam perbukitannya benar-benar bikin adem pikiran,” ujar salah satu pengunjung, Budi Haryanto (32), Kamis (26/9).
Destinasi wisata berada di areal hutan Perhutani KPH Banyumas Timur ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Seperti gasebo, warung, area berkemah, selfie deck dan jembatan selfie. Tiket masuk ke Bukit Mbulu juga cukup murah, yaitu Rp 4000. Tarif parkir untuk untuk kendaraan roda dua hanya Rp 2000.
Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Kalisalak, Sochimin mengatakan, Bukit Mbulu menjadi salah satu daya tarik wisata yang dikembangkan di desanya. Selain itu masih ada lagi destinasi lainnya yang tak kalah menarik.
“Di timur desa terdapat wisata religi Karangbanar, situs Watu Bengkah dan Watu Kemureb. Untuk wisata alamnya terdapat Telaga Anteng, Curug Song, hutan wisata, susur sungai, berkemah dan Curug Dipacandra,” ujarnya.
Untuk menuju desa ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan cukup jauh. Dari pertigaan Pasar Patikraja, ambil jalur ke kiri melewati Jembatan Merah yang melintasi Sungai Serayu. Lalu perjalanan dilanjutkan ke arah selatan hingga masuk wilayah Kecamatan Kebasen.
Apabila datang dari arah Cilacap, pengunjung cukup melintasi jalur kecamatan Sampang menuju ke arah Balai Desa Kalisalak. Desa Kalisalak ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari timur Kota Kecamatan Kebasen.
Bukit Mbulu berada di timur permukiman warga memalui jalur alternatif menuju Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas. Jalur ini dikenal sebagai jalur favorit pecinta motor trail.
Sumber : gatra.com
Tanggal : 26 September 2019

Artikel Terkait: