Perhutani Bantu Persiapan Vertek Kulin KK di Wilayah Saradan

SARADAN, PERHUTANI (2/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan melakukan pengawalan terhadap persiapan verifikasi teknis (Vertek) kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karya Usaha Desa Bobol dan LMDH Wono Lestari Desa Bareng Kecamatan Sekar yang dilaksanakan di rumah Kepala Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (31/8).

Dari 40 LMDH yang telah mengajukan permohonan Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan (Kulin KK) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2018 lalu, saat ini  baru 13 LMDH yang telah di vertek oleh KLHK dan sisanya tinggal 27 LMDH termasuk LMDH Karya Usaha Desa Bobol dan LMDH Wono Lestari Desa Bareng Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro yang akan di vertek.

Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman saat dihubungi di tempat lain mengatakan, kegiatan pendampingan dan pengawalan persiapan vertek LMDH ini bertujuan untuk membantu dan mempercepat proses pengajuan permohonan ijin pemanfaatan hutan perhutanan sosial dengan skema Kulin KK ke Kementerian LHK.

“Dengan pendampingan petugas dari Perhutani diharapkan, proses verifikasi dapat berjalan lancar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara itu Ketua LMDH Karya Usaha Salim mengatakan jika pihaknya sudah siap dengan semua syarat-syarat dan ketentuan verifikasi yang akan dilakukan oleh tim Kementerian LHK.  “Semoga data subyek dan obyek yang akan diverifikasi cocok dan valid sehingga semua proses bisa berjalan lancar,” ucapnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019