Perhutani bersama Polres Mojokerto Gelar Diskusi Penanggulangan Karhutla

MOJOKERTO, PERHUTANI (19/09/2019) | Kepolisian Resor  (Polres)  Mojokerto menggelar ‘Cangkrukan’ Diskusi Kamtibmas (Candimas)  membahas tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kegiatan tersebut dilksanakan di halaman Kantor Perhutani  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kemlagi, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto, Rabu (18/9).

Acara tersebut juga dihadiri stakeholder dan tokoh masyarakat untuk memberikan masukan kepada Kapolres Mojokerto diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Mojokerto, Camat Dawarblandong, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), beberapa relawan serta Lembaga Swadaya Masyarakat dan media massa.

Tujuan digelarnya acara tersebut diharapkan bisa memberikan solusi terhadap masalah Karhutla yang selalu terjadi pada musim kemarau.  Administratur KPH Mojokerto, Suratno menyampaikan bahwa dengan adanya acara Candimas diharapkan bisa terbentuk kerjasama antar instansi dalam menanggulangi terjadinya kebakaran hutan lahan.

Kapolres Mojokerto Sigit Dany Setiyono menuturkan bahwa dalam diskusi ini pihaknya banyak mendapatkan masukan dari berbagai pihak dalam upaya penanggulangan Karhutla. Sinergitas antar instansi dan tokoh masyarakat setempat ini merupakan agenda rutin selain untuk kegiatan bersilaturahmi.

Dalam Diskusi tersebut dihasilkan beberapa poin penting, yaitu Komitmen bersama untuk menangani Karhutla, Pemilik lahan memiliki kewajiban dan tanggung jawab, Potensi masyarakat dimaksimalkan dalam upaya mencegah dan memberikan informasi termasuk relawan, Mengoptimalkan lima pilar di dalam wilayah yang rawan dan mengikut sertakan Pemadam Kebakaran (Damkar) milik swasta. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019