Perhutani dan KLHK Lakukan Vertek Kulin KK di Padangan

PADANGAN, PERHUTANI (02/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Padangan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan Verifikasi Teknis (Vertek) permohonan ijin Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan.

Kegiatan Vertek terhadap segenap Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah KPH Padangan tersebut dilaksanakan sejak tanggal  29-31 Agustus dan tanggal 1-2 September 2019.

Menurut Administratur KPH Padangan Loesy Triana Vertek ini sebagai perantara dalam membangun kerjasama antara Perhutani dengan LMDH yang bertujuan untuk memberikan akses kepada masyarakat dalam berperan serta aktif menjaga kelestarian sumber daya hutan.

“Selain itu ada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lahan hutan melalui kegiatan pemanfaatan kawasan hutan dalam bentuk hasil hutan kayu, non kayu melalui pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pengamanan, pemanenan, pengolahan serta pemasaran berdasarkan azas kelestarian hutan, sosial, lingkungan dan pemanfaatan jasa lingkungan,” jelas Loesy.

“Dengan adanya Vertek dari Kementerian LHK ini diharapkan masyarakat yang sudah tergabung dalam LMDH dan sudah terverifikasi, nantinya akan lebih mudah mendapatkan kucuran bantuan dari pemerintah, seperti misal Pinjaman Kredit (KUR), bantuan pupuk, sarana prasarana pertanian dan bantuan lainnya,” kata Loesy. (Kom-PHT/Pdg/Mmt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019