Perhutani dan Pemkab Banyuwangi Konsolidasi Pengembangan Wisata Pulau Merah

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (10/9/2019) | Perhutani dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan dialog konsolidasi dalam rangka persiapan pengembangan destinasi wisata Pantai Pulau Merah yang akan dimulai minggu ketiga bulan September tahun 2019 yang dilaksanakan di Pendopo Shaba Swagata Banyuwangi, Senin (9/9).

Hadir pada cara tersebut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan jajarannya, Direktur Operasi Perhutani dan jajarannya PT. BSI, Camat Pesanggaran, Kades Sumberagung, Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan pedagang dilokasi Pantai Pulau Merah.

Dalam kesempatan itu Direktur Operasi Perhutani Sumardi menyampaikan, bahwa  pembangunan tahap pertama Pulau Merah akan dimulai pada minggu ke tiga bulan September 2019, dan diharapkan wisata tersebut bisa menjadi satu  wisata bagi pengunjung yang datang ke Bali dan Banyuwangi.

“Membangun Wisata Pantai Pulau Merah ibarat membuat mesin pencetak uang, maka dari itu ayo kita kompak satukan langkah dan komitmen untuk Pulau Merah menjadi tujuan wisatawan yang bertaraf internasional”, kata Sumardi.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, “Pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian BUMN telah memberikan dukungan penuh bagi pengembangan Pulau Merah. Kini pelaku wisata setempat yang harus menunjukkan keseriusan dukungan terhadap pembangunan ini,” ujarnya.

Menururt Azwar Anas pengembangan kawasan tersebut bakal mengakomodasi aktivitas ekonomi masyarakat sekitar Pulau Merah yang selama ini telah berkegiatan di sana.  “Pengembangan ini tidak akan menggeser aktivitas ekonomi yang sudah ada, namun akan menatanya lebih baik.  Ada sekitar 102 pedagang yang akan ditempatkan di zona yang telah disediakan. Sehingga kualitas pengelolaan destinasi ini bisa ditingkatkan lagi,” ujar Anas.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan kesempatan bagi perwakilan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya, salah satunya Poniran ketua Pokmas wisata Pulau Merah yang menyatakan bahwa seluruh masyarakat dan pedagang disekitar lokasi  sangat mendukung pembangunan tersebut.

”Pembangunan wisata Pulau Merah ini sudah lama kami nantikan, dan kami semua berkomitmen untuk mengawal pembangunan tersebut, karena kami berharap Pulau Merah dapat terus berkembang, toh hasilnya untuk kami semua,” ujar Poniran.” (Kom-PHT/Bws/Muk)

Editor : Ywn

Copyright©2019