Perhutani dan Polres Blitar Tinjau Kawasan Hutan Rawan Kebakaran

2019-9-17-Karhutla-Kerjasama-2019

BLITAR, PERHUTANI (17/09/2019) | Perhutani dan Kepolisian Resor (Polres) Blitar meninjau lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di petak 86g wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Panggungrejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lodoyo Timur, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar, Selasa (17/9).

Administratur KPH Blitar Aries Indra Supartha menjelaskan bahwa jajarannya sudah melakukan antisipasi dengan melaksanakan simulasi kegiatan Karhutla dan sosialisasi bersama instansi terkait termasuk dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Disela-sela peninjauan lapangan itu Aries menjelaskan kepada Kapolres Blitar AKBP Anisulloh M. Ridha bahwa jajarannya dilapangan sudah dibekali teknik memadamkan api baik dengan cara modern menggunakan alat pemadam kebakaran (APAR) dan memakai alat sederhana ‘gepyok’.

Aries juga meminta kepada personilnya dilapangan agar terus siaga dan melakukan pengawasan kepada petani penggarap didalam kawasan hutan diwilayahnya agar tidak membakar daun-daun dan ranting kering yang bisa menyebabkan kebakaran.

Sementara itu Kapolres Blitar AKBP Anisulloh M. Ridha menjelaskan bahwa Karhutla saat ini menjadi atensi pemerintah. “Musim kemarau ini sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka perlu disiapkan sarana prasarana alat pemadaman kebakaran dengan kondisi baik dan personil yang selalu siaga,” jelasnya.

Dia juga menambahkan sosialisasi Karhutla harus dilakukan untuk memberikan pemahanan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan agar masyarakat mengerti dan dapat bersama-sama membatu saat terjadinya kebakaran. (Kom-PHT/Btr/Ry)

Editor : Ywn

Copyright©2019