Perhutani dan Polres Ngawi Lakukan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan

NGAWI, PERHUTANI (20/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi bersama Kepolisian Resor (Polres) Ngawi melakukan kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di petak 9c, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kuncen, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Geneng, Jumat (20/09).

Administratur KPH Ngawi Haris Suseno bersama Kapolres Ngawi AKBP MB. Pranatal Hutajulu turun langsung mengikuti kegiatan. “Simulasi penanggulangan Karhutla ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya kebakaran hutan serta untuk menjalin kerjasama dan membangun sinergitas antar instansi terkait,” kata Haris.

Menurut Haris pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diwilayahnya untuk melakukan tindakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan. Ia juga meminta LMDH selaku mitra kerjanya dapat memberikan laporan ke petugas apabila melihat titik-titik api di wilayahnya, “Supaya dapat segera ditindaklanjuti oleh petugas dengan melakukan penanggulangan,” katanya.

Haris menambahkan, menjaga dan melestarikan hutan merupakan tanggungjawab semua warga, sehingga lingkungan dapat memberikan manfaat yang seimbang bagi kehidupan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama Kapolres Ngawi AKBP Pranatal Hutajulu menyampaikan jika pihaknya sangat mendukung kegiatan simulasi tersebut dan berharap agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat kebakaran hutan yang terjadi sewaktu-waktu. “Apalagi kemarau panjang dan cuaca panas berpotensi terjadi kebakaran jika tersulut api”, tuturnya. (Kom-PHT/Ngw/Rth)

Editor : Ywn

Copyright©2019