Perhutani dan Polsek Plaosan Magetan Cegah Kebakaran Hutan di Jalur Pendakian Gunung Lawu

LAWU DS, PERHUTANI (18/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds dan Kepolisian Sektor (Polsek) Plaosan Magetan terus berkoordinasi dan melakukan patroli di jalur pendakian Gunung Lawu dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), pada Rabu(18/9).

Administratur KPH Lawu Ds Asep Dedi Mulyadi melalui Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan Marwoto mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan pencegahan terjadinya kebakaran dengan melakukan koordinasi dan patroli bersama di wilayahnya.

“Kegiatan patroli bersama dengan Kepolisian setempat ini diharapkan dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar dan peduli akan kelestarian hutan disekitar tempat tinggalnya,” ujar Marwoto.

Patroli yang dilaksanakan di petak 2 wilayah Resot Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, BKPH Lawu Selatan ini lokasinya dekat dengan pemukiman warga. Marwoto mengaku, bahwa ia juga selalu mengajak Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lawu Permai bersama dengan anggotanya untuk melakukan patroli.

Sementara Kapolsek Plaosan AKP M. Munir  menjelaskan bahwa kawasan hutan yang masuk wilayah hukum Polsek Plaosan masih dalam keadaan aman dan terkendali dari gangguan kebakaran hutan dan lahan. Antisipasi terus kami lalkuakn dengan koordinasi bersama Perhutani dan memberikan himbauan kepada warga agar tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan bukan hanya tanggung jawab salah satu instansi Pemerintahan saja, tetapi sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menanggulanginya, sebab gangguan kebakaran hutan itu akan merugikan kita semua”, tegas Munir. (Kom-PHT/LwuDs/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2019