Perhutani Fasilitasi LMDH Wana Mukti Adakan Reorganisasi Pengurus

MANTINGAN, PERHUTANI (17/9/2019) | Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Mukti mengadakan reorganisasi pengurus, bertempat di Balai Dusun Sudo, Selasa (17/9). Reorganisasi dipimpin oleh Kepala Dusun Sudo,Hadi Sucipto dan difasilitasi oleh Perhutani KPH Mantingan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bintara Pembina Desa (Babinsa), Kamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Saya berharap pemilihan berjalan lancar serta segera disusun untuk nantnya dibuatkan Surat Keputusan dari desa. Semua lembaga yang berada dilingkup desa bisa mendatakan bantuan baik dari Pemerintah maupun pihak lain. Namun satu persyaratan yang harus ada adalah dibentuk Kelompok/paguyuban. Semua bantuan yang masuk ke desa itu atas nama kelompok, tidak ada bantuan untuk perorangan kecuali korban bencana”, ujarnya.

Dalam sambutannya, Administratur KPH Mantingan, Widodo melalui Asper Sudo Arif Yudiarko mengatakan bahwa untuk masa bakti kepengurusan lama sudah habis sehingga perlu direorganisasi.

“Sekarang penggarap di lahan hutan akan didata dan dilaporkan kepada Kementrian Lingkungan Hidup. Jadi semua penggarap lahan teroganisir dalam mengelola petak pangkuannya. Kalau sudah didaftarkan ke kementrian nanti tanah diolah sesuai peruntukannya, dan orang lain tidak bisa menggarap di daerah sudo, karena petak pangkuannya sudah digarap oleh masyarakat desa Sudo dan sekitarnya”, jelasnya.

Salah satu pengurus LSM Karya Alam lestari, Nina berharap organisasi ini dapat berkembang sesuai dengan karateristik masyarakat desa Sudo.

“Semoga dapat memberikan manfaat bagi warganya. Dan yang terpenting, bagi penggarap dimohon untuk tidak membakar lahan hutan apabila membuka lahan usai tebangan. Ini perintah langsung dari Presiden”, tegasnya.

Suntoro, ketua terpilih LMDH desa Sudo berharap masyarakat desa Sudo dapat bekerjasama dengan baik bersama Perhutani selaku Pemangku Hutan Negara dan dapat mempertahankan kelestarian Hutan. (Kom-PHT/Mtg/Sgt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019