Perhutani Gelar Sosialisasi Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan

KEDU UTARA, PERHUTANI (17/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara menggelar acara Sosialisasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.27/MenLHK/Setjen/Kum.1/7/2018 tentang Pedoman Pinjam Pakai Kawasan Hutan bertempat di aula kantor Perhutani Kedu Utara, Selasa (17/9).

Acara tersebut diikuti berbagai instansi diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Kodam IV Diponegoro, Polres  Semarang, dan Salatiga serta Dinas LHK.

Wakil Administratur Kedu Utara Bagas Avianto menyampaikan pesan Administratur pada sambutan pembukaan acara.

“Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka penertiban dan memberikan pemahaman terhadap penggunaan kawasan hutan di antaranya wilayah Gunung Telomoyo untuk pendirian menara telekomunikasi, sehingga diharapkan peserta yang hadir mempunyai kepahaman dan komitmen untuk mematuhi peraturan penggunaan kawasan hutan melalui mekanisme  yang ditetapkan”, ujarnya.

Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Indira Puspita menjelaskan dalam paparannya bahwa penggunaan kawasan hutan adalah penggunaan atas sebagian kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan tanpa mengubah fungsi dan peruntukan kawasan hutan tersebut.

“Kegiatan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan tertentu yang dapat menunjang pengelolaan hutan secara langsung atau tidak langsung dapat dilakukan dengan mekanisme kerjasama.”,  jelasnya.

Penggunaan kawasan hutan melalui mekanisme kerjasama bisa memberikan manfaat bagi pengguna serta Perum Perhutani, yang tentunya semuanya akan dilaksanakan sesuai koridor atau peraturan yang berlaku dan akan diatur kemudian dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) setelah mendapatkan persetujuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (Kom-PHT/Kdu/Kun)

Editor : Ywn

Copyright©2019