Perhutani Jadi Narasumber Workshop Peningkatan SDM dan Masyarakat Peduli Api dalam Penanganan Karhutla

KEDU UTARA, PERHUTANI (19/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH  Kedu Utara menjadi narasumber Sosialisasi dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam Workshop bertema “Peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam Penanganan Karhutla” di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung, Kamis (19/9).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Perhutani, CDK Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Kalak BPBD Kabupa Temanggung, dan Kepala Satpol PP Kabupaten Temanggung. Adapun peserta kegiatan adalah Kader Konservasi Temanggung, MPA Temanggung dan Perwakilan dari Basecamp Pendakian Gunung di Kabupaten Temanggung.

Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kader Konsevasi dan MPA dalam mengatasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Agus prasojo membuka acara dan menyampaikan agar dalam penanganan kebakaran itu tanggung jawab bersama.

“Harapan kedepan aparat baik Perhutani, desa, dan intansi terkait bisa turut serta dalam memperdayakan MPA melalui fasilitasi, pendampingan ataupun pelatihan terhadap MPA yang telah ada agar dapat befungsi dalam perlindungan hutan”, ujarnya.

Dalam paparannya, Kepala Bagian Kesatuan  Pemangkuan Hutan (BKPH) Temanggung Kusino menyampaikan Pesan Administratur Perhutani KPH Kedu Utara dengan Materi Kebakaran, Pencegahan dan Penanganan Pasca Kebakaran dan Rehabilitasi Hutan.

“Harapan Perhutani setelah dilaksanakan workshop ini karhutla dapat dideteksi secara dini dan semaksimal mungkin diadakan pencegahan dengan memberikan pengertian kepada masyarakat dan seluruh basecamp yang ada jalur pendakian untuk bisa memberikan arahan kepada calon pendaki atau masyarakat yang punya akses dan interaksi kejutan. Peran dan tanggung jawab Masyarakat sebagai stakeholder kehutanan sangatlah penting dalam menangani dan mengantisipasi bencana seperti kebakaran hutan  dan lahan serta selalu menjaga keamanan serta kelestarian hutan”, jelasnya. (Kom-PHT/kdu/ant)

Editor : Ywn

Copyright©2019