Perhutani Kerjasamakan Tanaman Biomassa bersama LMDH dengan Skema Kulin KK

SARADAN, PERHUTANI (02/09/2019) | Untuk meningkatkan keberhasilan tanaman Biomassa sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan melakukan kerjasama tanaman Biomassa dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang telah mengajukan permohonan Kemitraan Kehutanan dengan skema kerjasama Pengakuan Perlindungan Kerjasama Kemitraan Kehutanan (Kulin KK), bertempat di kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Notopuro KPH Saradan pada Sabtu (31/8).

Hal itu disampaikan oleh Administratur KPH Saradan Noor Rochman pada kegiatan rapat koordinasi sukses tanaman yang dihadiri oleh jajaran pejabat Perhutani KPH Saradan dan beberapa LMDH antara lain LMDH Rimba Sejahtera, LMDH Wono Lestari, KMTH Jati Makmur, LMDH Sae Manunggal, LMDH Wono Sidodadi, LMDH Wono Mulyo dan LMDH Rukun Makmur.

Noor Rochman menjelaskan bhawa pengembangan tanaman Biomassa ini merupakan Project Strategis Perhutani. “Untuk keberhasilan tanaman tersebut  memerlukan dukungan kerjasama dengan masyarakat desa sekitar hutan serta stakeholder, sesuai dengan jiwa Perhutanan Sosial yaitu berbagi ruang, berbagi manfaat dan berbagi tanggungjawab,” ujarnya.

Dia berharap agar tanaman Biomassa yang ada pada KPH Saradan ini juga harus melibatkan LMDH yang telah mengajukan permohonan Kemitraan Kehutanan dengan skema Kulin KK sehingga sinergi antara Perhutani dengan LMDH akan membawa keberhasilan tanaman Biomassa.

Ditempat yang sama Ketua LMDH Rukun Makmur Senung Budiharto mengatakan,” Sebagai mitra Perhutani KPH Saradan, kita akan berusaha untuk bisa bekerjasama dengan Perhutani baik dalam pengelolaan hutan maupun setiap program kegiatan yang menyangkut pekerjaan di Perhutani. Agar semua pekerjaan diberbagai bidang bisa berjalan dengan lancar,” katanya (Kom-PHT/Srd/Swn)

 

Editor : Ywn

Copyright @ 2019