Perhutani Saradan dan LMDH Pandan Asri Gotong Royong Perbaiki Saluran Pipa Air Bersih

SARADAN, PERHUTANI (22/09/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pandan Asri Desa Klangon melakukan gotong royong memperbaiki saluran pipa air bersih pada sumber mata air Andong Wilis di lereng Gunung Pandan Saradan Kabupaten Madiun, Minggu (22/9).

Kegiatan bakti sosial tersebut juga diikuti Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Saradan dan masyarakat setempat.

Dalam keterangan secara terpisah Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman mengatakan bahwa lokasi di lereng Gunung Pandan tersebut merupakan petak 94a kawasan hutan lindung (HL) wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klangon BKPH Pajaran.

“Di petak tersebut terdapat sumber mata air yang cukup besar dan warga setempat menyebutnya dengan nama sumber mata air andong wilis”, ujarnya

Menurut Noor Rochman selama ini warga setempat memanfaatkan sumber mata air yang disalurkan melalui pipa ke pemukiman untuk kebutuhan air minum. “Kita lakukan gotong royong ini untuk memperbaiki saluran pipa air yang bocor, agar debit airnya bisa dimanfaatkan warga dengan maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Polsek Saradan, Aipda Heri Bianto menjelaskan bahwa sumber mata air Andong Wilis tersebut dimanfaatkan lebih dari 2.500 warga Desa Klangon yang tinggal di bawah lereng Gunung Pandan. Menurutnya masyarakat sangat terbantu dengan adanya sumber mata air tersebut, karena untuk kebutuhan sehari-hari tidak warga tidak perlu harus berlangganan melalui perusahaan air minum (PAM).

”Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat termasuk keamanan dalam memenuhi kebutuhan dari air bersih pada musim kemarau,” ujarnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019