Perhutani Sumedang Jalin Kerjasama Penanaman Gedong Gincu dengan Masyarakat

SUMEDANG, PERHUTANI (12/9/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang melaksanakan pembahasan permohonan kerja sama tanaman mangga Gedong Gincu dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jati Emas dan Kelompok Tani Cempaka 86 Desa Karyamukti Kecamatan Tomo, bertempat di kantor KPH Sumedang,  Kamis (12/09).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Administratur KPH Sumedang wilayah Utara Maman Hermana beserta jajaran, Kepala Desa Karyamukti Enung Ratnawati, Ketua LMDH Jatimas Darsa beserta anggota, dan Ketua Kelompok Tani Cempaka 86 Juju Juardi beserta anggota.

Pertemuan tersebut dilakukan guna membahas permohonan kerjasama tanaman mangga Gedong Gincu dari masyarakat Desa Karyamukti yang dihimpun melalui LMDH Jati Emas dan Kelompok Tani Cempaka 86 seluas 40 Ha di petak 86 a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bugel, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tomo Utara. Dari hasil pembahasan disepakati bahwa dari lahan seluas 40 Ha di petak 86 a, yang diperbolehkan untuk dikerjasamakan dan digarap masyarakat adalah seluas 12 Ha dikarenakan sisanya merupakan rencana lokasi tanaman biomassa tahun 2019.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan menegaskan bahwa kerja sama dengan masyarakat sekitar hutan diharapkan selalu terjalin dengan baik, karena keberhasilan dan manfaatnya akan dirasakan bersama – sama.

Ketua LMDH Jati Emas, Darsa berharap kerjasama tahap kedua ini mendapat persetujuan dari Perhutani, sehubungan dengan banyaknya manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar hutan. Selain itu untuk memfasilitasi masyarakat yang belum kebagian garapan.  Ia berharap kerja sama ini dapat menambah penghasilan masyarakat Desa Karyamukti.  (Kom-PHT/Smd/Snr)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019