Saka Wanabakti Perhutani Gelar Pameran Pramuka Non Plastik di Jamda Jateng

RANDUBLATUNG, PERHUTANI (5/6/2019 ) |  Sebanyak 11 Satuan Karya Pramuka membuka stand pameran di arena Jambore Daerah ke XV Gerakan Pramuka Jawa Tengah dari tanggal 26 s.d. 31 Agustus 2019. Pameran dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka didampingi Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah  Siti Atiq0h, Selasa (27/09).

Stand Pameran Saka Wanabakti Jawa Tengah dihias dengan menampilkan gambar–gambar Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dan gambar aktivitas kegiatan Satuan Karya Pramuka Wanabakti. Stand pameran tersebut didesain tanpa bahan plastik, menggunakan kulit kayu dan anyaman bambu, serta tulisan cat air.

Admnistratur Perhutani KPH Randublatung, Achmad Basuki  sebagai Pembina Saka Wanabakti  menyampaikan  bahwa upaya sekecil apapun perlu dilakukan  untuk  mengurangi adanya sampah plastik.

“Sampah plastik akan mencemari lingkungan karena sulit diurai lewat pembusukan alami. Kita kurangi dengan segala upaya  dan saya menghimbau masyarakat tidak membuang sampah di hutan secara sembarangan. Pramuka Wanabakti telah berperan dalam sosialisasinya, diantaranya lewat media pameran ini”, jelasnya.

Penampilan stand Saka Wanabakti mendapat apresiasi  dari  Gubernur Jawa Tengah  saat mengunjungi stand tersebut.

“Jawa Tengah saat ini sedang getol-getolnya memerangi sampah, terutama sampah plastik. Saka Wanabakti memberikan contoh nyata, pameran tanpa bahan plastik, terima kasih. Ini yang diharapkan dari kepeloporan pramuka”, ujar Ganjar Pranowo. (Kom-PHT/Rdb/Hmt)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019