Tempuh SKK Krida Guna Wana, Saka Wanabakti Blitar Adakan Pelatihan Pengujian Kayu

 

2019-8-30-Pramuka-SKWB-2019

BLITAR, PERHUTANI (02/09/2019) | Guna menempuh syarat kecakapan khusus (SKK) bidang Krida Gunawana, Satuan Karya Pramuka (Saka) Wanabakti binaan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar mengadakan Pelatihan Pengujian Kayu yang dilaksanakan di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Darungan, Sabtu (30/9).

Kegiatan yang diikuti 25 orang anggota Saka Wanabakti Blitar dari Pangkalan Sutojayan ini dibuka Edi Sunaryono Kepala TPK Darungan dan Supriyanto selaku Penguji Tngkat II selaku Instruktur Saka Wanabakti Blitar.

Edi Sunaryono selaku Instruktur  yang memberikan materi pelatihan dihadapan peserta didik memaparkan kegiatan pemasaran kayu yang sudah modern dengan hanya menggunakan aplikasi yang didownload di Playstore melalui smartphone yakni ‘toko perhutani online’, sehingga pembeli bisa langsung membeli sesuai keinginanya.

Sementara itu Supriyanto selaku Intruktur Penguji Kayu menyampaikan bahwa harga kayu yang akan dijual atau dipasarkan harus melalui pengujian secara detil dan teliti agar masing-masing kayu mempunyai nilai jual yang dikelompokan sesuai mutu, dan setelah dinilai dari volume, panjang dan diameter kayu itu sendiri. Materi lainnya yang diberikan diantaranya adalah tentang teknik pengukuran panjang kayu, diameter kayu, volume kayu jati dan rimba.

Administratur Perhutani KPH Blitar, Aries Indra Supartha sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Pramuka Saka Wanabhakti sebagai wadah pembinaan generasi muda harus punya semangat rimbawan yang tinggi. “Harapanya seluruh anggotanya mempunyai pemahaman tentang teknik kehutanan,” ucapnya. (Kom-PHT/Btr/RY)

Editor : Ywn

Copyright©2019