Tim Peneliti Kebun Raya Purwodadi-LIPI, Paparkan Hasil Penelitiannya di Perhutani Lawu Ds

LAWU DS, PERHUTANI (03/09/2019) | Tim peneliti dari Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Purwodadi-LIPI Kabupaten Pasuruan memaparkan hasil penelitian eksplorasi keanekaragaman tumbuhan yang dilakukan di kawasan Gunung Wilis. Paparan tersebut dilaksanakan di aula kantor Perhutani Lawu Ds, Selasa (27/8).

Sebelumnya tim peneliti dari BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI telah melakukan penelitian keanegaragaman tumbuhan dikawasan Gunung Wilis mulai dari Kabupaten Madiun hingga Kabupaten Ponorogo yang merupakan wilayah hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds.

Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan BKT Kebun Raya Purwodadi–LIPI, Rony Irawanto mengatakan jika penelitian tersebut dilaksanakan pada bulan April lalu selama enam hari. Menurut ia pihaknya mencoba turut menyelamatkan tumbuhan asli Indonesia yang habitatnya ada di hutan dataran rendah kering melalui kegiatan konservasi.

Dalam paparannya Rony juga menjelaskan bahwa kawasan hutan Perhutani KPH Lawu Ds masih banyak menyimpan keanekaragaman tumbuhan yang perlu dijaga kelestariaanya. Ia juga berharap kedepannya terjalin kerjasama yang berkelanjutan antara Perhutani dan BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI  dalam upaya mendukung program keanekaragaman tumbuhan dan kelestarian hutan.

“Sebagai salah satu lembaga konservasi ex-situ flora, BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI memfokuskan pada konservasi tumbuh-tumbuhan yang berhabitat dataran rendah kering, beriklim kering di Indonesia yang tersebar di Jawa Timur, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Maluku,” terangnya.

Sementara itu Administratur KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan jika kegiatan eksplorasi tumbuhan yang di lakukan oleh tim peneliti dari BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI di kawasan hutan KPH Lawu Ds, sangat membantu Perhutani untuk memperkaya data jenis flora.

“Kami sangat mengapresiasi dan berharap kedepan bisa ada jalinan kerjasama antara Perhutani dengan BKT Kebun Raya Purwodadi-LIPI untuk kegiatan penyelamatan tumbuhan kritis di dalam kawasan hutan,” ujarnya. (Kom-Pht/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright @ 2019