‘World Clean up Day’ 2019, Perhutani dan KPMM Lakukan Penanaman Mangrove di Madura

MADURA, PERHUTANI (21/09/19) | Memperingati World Clean Up Day (WCD) Indonesia 2019, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura bersama Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM)  melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove di pesisir pantai Tlanakan Pamekasan, Sabtu (21/9).

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 21 September 2019 dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Perhutani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan relawan WCD yang merupakan gabungan dari berbagai komunitas dan Instansi di Kabupaten Pamekasan.

Administratur KPH Madura Rumhayati melalui Kepala Seksi Keuangan SDM dan Umum Hadi Suprapto menyampaikan jika Perhutani sangat mendukung sekali gerakan WCD melalui kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove.

“Kegiatan ini dapat memberi motivasi kepada masyarakat dan impact posistif untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, sebab tanggung jawab kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab kita semua,” kata Hadi.

Wakil Bupati Pamekasan Raja’i dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa masalah lingkungan hidup sudah menjadi isu global, bukan hanya lokal atau nasional. “Perlu adanya sinergitas antar instansi, komunitas dan berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan kelestarian lingkungan sebagai pendukung kehidupan,” katanya.

Sementara itu Ketua KPMM Endang Tri Wahyuni pada kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah di pesisir pantai Tlanakan diikuti seitar 1.200 orang relawan berasal dari 50 komunitas pendukung dan instansi Pemerintah setempat.

Endang juga menjelaskan dalam kegiatan tersebut tidak hanya melakukan bersih-bersih sampah saja, namun juga melakukan penanaman bibit mangrove di bibir pantai Tlanakan. “Kami berharap usai kegiatan ini, tidak ada lagi masarakat yang membuang sampah secara sembarangan di pantai,” pungkasnya. (Kom-PHT/Mdr/Mbl)

Editor : Ywn

Copyright©2019