Ini 10 Proyek Strategis Kota Batu Pasca HUT ke-18

TIMESINDONESIA.COM (16/10/2019) | Kota Batu memiliki 10 proyek strategis yang akan dilaksanakan dalam tiga tahun ke depan. Hal itu disampaikan Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si dalam Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-18 Kota Batu di Gedung DPRD Kota Batu, Rabu (16/10/2019).

Dewanti menyebutkan proyek strategis daerah itu akan dilaksanakan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah.

Hal ini disampaikan Dra Hj Dewanti saat memberikan sambutannya didepan anggota DPRD Kota Batu beserta para undangan.

Proyek strategis pertama adalah  Revitalisasi pasar besar Kota Batu dari pasar tradisional menjadi pasar induk dengan konsep nuansa pariwisata.

Kedua, revitalisasi dan penataan kawasan GOR Ganesha Alun- Alun Kota Batu menjadi kawasan pusat ekonomi dan pelayanan publik terintegrasi.

Ketiga, peningkatan dan pengembangan insfrastruktur jalan sehubungan dengan dibukanya Pintu Tol Karanglo yang menghubungkan jalan tembus Pendem – Dadaprejo, Kusuma Agrowisata – Toyomerto, Pandanrejo-Sisir hingga Temas.

Keempat, penataan kawasan Paralayang Gunung Banyak berstandar internasional direncanakan bekerjasama dengan sektor swasta, pihak perhutani dan masyarakat.

Kelima, pembangunan kereta gantung Kota Batu, sebagai terobosan terintegrasi permasalahan pariwisata dan transportasi, direncanakan dengan konsep partisipasi masyarakat dan konsorsium sektor swasta.

Keenam, Pemantapan dan pemberdayaan pembangunan desa sebagai upaya mempercepat pencapaian pemerataan pembangunan di wilayah Kota Batu melalui kemandirian desa dengan konsep desa agrowisata.

“Sebagai catatan selaras dengan substansi kebijakan ini, sudah 3 tahun terakhir ini alokasi anggaran yang kita berikan kepada pemerintah Desa baik itu yang bersumber dari APBD

Kota Batu, APBD Jawa Timur maupun Dana Pemerintah Pusat secara jumlah terus mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini menunjukkan komitmen besar kitaterhadap kemajuan dan kesejateraan Desa sebagai pilar bagi keberhasilan pembangunan Kota Batu,” kata Dewanti.

Ketujuh, Pembangunan di bidang pendidikan selain pemenuhan kebutuhan sarana dan prasara pendidikan juga akan direncanakan pembangunan SDN Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji dan SMPN 7 Kecamatan Junrejo.

Kedelapan, Pembangunan dibidang kesehatan penyelesaian pembangunan Puskesmas Beji dan Puskesmas ke – 2 di Kecamatan Bumiaji serta Gedung Unit Transfusi Darah.

Kesembilan, Pembangunan gedung perpustakaan tingkat Kota dan rehabilitasi gedung kesenian serta pembangunan Museum Hak Asasi Manusia.

Kesepuluh, Pembangunan gudang pangan dilengkapi cold storage untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian serta rumah sentra IKM beserta peralatannya guna meningkatkan daya saing industri olahan di Kota Batu.

“Kita akan laksanakan dengan sebaik-baiknya melalui tahapan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta dilakukan secara transparan,” ujar Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko terkait 10 proyek strategis tersebut. (*)

 

Sumber : timesindonesia.co.id

Tanggal : 16 Oktober 2019