Perhutani Cianjur Terima Peserta Praktek Lapangan dari Pusdiklat SDM KLHK

CIANJUR, PERHUTANI (15/10/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cianjur menerima kunjungan peserta praktek lapangan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Hasil Hutan pada Mata Pelajaran Pengujian Kayu Bulat” dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di aula kantor Perhutani KPH Cianjur, Selasa (15/10).

Kedatangan 20 orang peserta yang didampingi 3 orang pengajar dan 3 orang petugas pendamping diterima langsung oleh Wakil Administratur KPH Cianjur Nana Rukmana. Praktek akan dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 15-17 Oktober 2019 dengan rencana lokasi praktek di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Poklan dan lokasi tebangan di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciranjang Utara.

Tujuan pelatihan praktek lapangan pengujian kayu bulat pada unit usaha hutan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta mengenai pengenalan jenis dan cacat kayu serta pengujian kayu bulat itu sendiri. Adapun mekanisme praktek yakni identifikasi dan penetapan jenis kayu, jenis cacat kayu bulat, identifikasi pengukuran dan penilaian cacat kayu bulat, isi cacat dan isi bersih kayu bulat, pengujian dan penetapan mutu kualitas kayu bulat.

Admnistratur KPH Cianjur Mulyadi pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Perhutani menyambut baik kegiatan praktek lapangan tersebut dan berharap hasilnya dapat berguna untuk menambah wawasan serta pengetahuan bagi peserta.

“Kami sebagai pengelola kawasan hutan di KPH Cianjur bangga bisa dijadikan sebagai tempat lokasi praktek pengelolaan hasil hutan khususnya pengujian kayu dari Pusdiklat SDM KLHK. Semoga dari kegiatan ini para peserta mempunyai pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa meningkatkan kompetensi keahlian teknik produksi hasil hutan,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Pusdiklat SDM Kementrian LHK, Cahyo menyampaikan terima kasihnya kepada manajemen KPH Cianjur yang sudah mengizinkan peserta untuk melaksanakan praktek lapangan di wilayahnya.

“Kami sampaikan terimakasih kepada jajaran manajemen KPH Cianjur yang sudah menerima para peserta praktek lapang dari Pusdiklat SDM KLHK. Kedatangan kami ke KPH Cianjur bukanlah yang pertama, pada waktu sebelumnya kami pun sudah pernah beberapa kali berkunjung. KPH Cianjur merupakan lokasi yang terjangkau dari Pusdiklat SDM LHK yang berada di Bogor, selain itu KPH Cianjur mempunyai pengelolaan hutan yang lengkap dan sudah mendapat sertifikat PHPL,” imbuhnya.

Cahyo menambahkan bahwa peserta yang mengikuti praktek adalah para pengajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan seluruh Indonesia yang terdiri dari SMK Negeri dibawah KLHK, SMK Negeri dibawah Kementerian Pendidikan, serta SMK Swasta. (Kom-PHT/Cjr/Iwn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019