Perhutani Garut dan BPDASHL Cimanuk Citanduy Gelar Pembinaan RHL

GARUT, PERHUTANI (15/10/2019) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut menggelar pembinaan pelaksanaan teknis Reboisasi Hutan dan Lahan (RHL) konvensional tahun 2019 di aula kantor KPH Garut, Senin (14/10).

Acara dihadiri oleh kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy Rukma Dayadi, Kepala Departemen Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PPSDH) Peruhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Barat dan Banten (Janten) Bambang Juriyanto, Administratur KPH Garut Nugraha beserta seluruh Asisten Perhutani (Asper) dan Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) lingkup KPH Garut.

Administratur KPH Garut, Nugraha dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy di KPH Garut. Selanjutnya Nugraha menuturkan bahwa luas RHL di KPH Garut merupakan yang paling luas di Divre Janten yaitu 6.728,49 Ha dengan kebutuhan bibit 3.415.902 plances yang secara fisik realisasinya di persemaian sudah mencapai 100%. Ia mengatakan, sebuah hal yang luar biasa bagi Perhutani dipercaya untuk kegiatan RHL, yang artinya  Perhutani dianggap siap dan mampu sehingga harus dibuktikan semaksimal mungkin.

“Kita harus buktikan kemampuan dengan kerja nyata, yaitu tanaman sukses sesuai tata waktu.  Saya ingatkan bahwa tetap harus ingat Tri Sukses tanaman yaitu sukses bibit siap tanam, sukses persiapan lapangan, dan sukses pemeliharaan tanaman,” ujarnya.

Kepala BPDASHL Cimanuk Citanduy, Rukma Dayadi dalam sambutannya mengapresiasi langkah KPH Garut mengadakan pembinaan sehingga bisa mengetahui sejauh mana kesiapan lapangan dalam menghadapi penanaman pada waktu musim hujan. Selanjutnya ia meminta jajaran lapangan lebih memperhatikan bibit di persemaian agar tetap terjaga dan dipelihara, sehingga siap tanam di saat datang musim penghujan.

“Kunci keberhasilan dari semua kegiatan RHL ini adalah adanya sinergitas yang seirama antara Perhutani dan BPDASHL,” tutupnya.

 

Editor : Ywn

Copyright©2019