Perhutani Sumedang dan Dinas Pertanian Sumedang Bahas Kerjasama Agroforestry

SUMEDANG, PERHUTANI (16/10/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang bersama Dinas pertanian Kabupaten Sumedang melaksanakan pembahasan kerjasama program agroforestry di kantor Dinas Pertanian Sumedang, Selasa (15/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan beserta jajaran dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang H. Amin beserta jajaran.

Pertemuan tersebut dilakukan guna membahas rencana kerjasama program agroforestry jenis Mangga Gedong Gincu di wilayah Tomo Selatan dan Kopi di wilayah Manglayang Timur. Kedua lokasi ini merupakan wilayah kerjasama tanaman kehutanan yang sudah terjalin antara Perhutani Sumedang dengan masyarakat melalui wadah Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Hal tersebut bersinergi dengan tujuan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian, dalam programnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui kerjasama tanaman.

Administratur KPH Sumedang, Asep Setiawan menegaskan bahwa kerjasama dengan masyarakat sekitar hutan diharapkan selalu terjalin dengan baik, karena keberhasilan dan manfaatnya akan dirasakan bersama–sama. Ia pun menambahkan bahwa Perhutani Sumedang membuka lebar pintu kerjasama dengan masyarakat melalui kerjasama tanaman kehutanan di wilayah hutan Perhutani Sumedang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang, H. Amin menyampaikan terima kasih kepada Perhutani Sumedang yang telah mengikutsertakan masyarakat dalam pengelolaan hutan melalui kerjasama tanaman, yang sekaligus dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Terima kasih Perhutani Sumedang, mari kita bersama–sama mewujudkan Sumedang sejahtera dengan pertanian dan kerjasama tanaman kehutanan,” ujarnya. (Kom-PHT/Smd/Snr)

Editor : Ywn

Copyright©2019