Perhutani Tasikmalaya dan Stakeholder Gelar Sosialisasi Perhutanan Sosial

TASIKMALAYA, PERHUTANI  (17/10/2019)  |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Forkopimcam Sukaratu dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mandiri Jaya menggelar sosialisasi Perhutanan Sosial (PS) kepada sekitar 80 orang masyarakat Desa Sinagar Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, bertempat di balai Pertemuan Rakyat kantor Desa Sinagar, Rabu (16/10).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Rodiana Rohman ini merupakan tindak lanjut Perhutani KPH Tasikmalaya dalam rangka percepatan implementasi PS, sehingga masyarakat dapat mengerti dan memahami PS baik skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) maupun Izin Pemanfaatan  Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS).

Dalam penjelasannya Administratur KPH Tasikmalaya yang disampaikan melalui Kasi PPB Rodiana Rohman menyatakan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam pelaksanaan Perhutanan Sosial di Perhutani baik bagi pemegang IPHPS maupun Kulin KK. Diharapkan dalam pelaksanaannya dilapangan dapat mengerti, memahami endingnya bisa  bekerjasama dan bersinergi untuk kepentingan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan awal dari keberlangsungan IPHPS dan Kulin KK, karena pada dasarnya tujuannya adalah satu mensejahterakan masyarakat sekitar hutan, membangun ekosistem yang bersaing guna mendapatkan legalitas dalam pengelolaan hutan untuk keberlanjutan hidup masyarakat sekitar hutan,” pungkasnya.

Ketua LMDH Mandiri Jaya,  Tatang menyatakan siap mendukung program Kulin KK dan IPHPS yang dicanangkan oleh Pemerintah dan Perhutani Tasikmalaya. untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

“Sebagai mitra kerja, kami akan mengikuti dan tunduk kepada aturan yang berlaku khususnya terkait hak dan kewajiban kami sebagai LMDH. Dan siap mensukseskan program Kulin KK maupun IPHPS agar program pemerintah tersebut berjalan pada relnya dan berhasil membangun kemandirian masyarakat sekitar hutan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019