TK Tunas Rimba Wongsorejo Lepas Tukik di Pantai Boom Banyuwangi

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (15/10/2019) |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara Bersama Dengan Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) Banyuwangi Utara dan sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Rimba Wongsorejo mengadakan pelepasan tukik (anakan penyu) di Pantai Boom Banyuwangi, Senin (14/10).

Hadir Dalam Acara tersebut  Administratur KPH Banyuwangi Utara Agus Santoso, Ketua YTRP Banyuwangi Utara Yuli Rusmawati Agus Santoso, Kepala  TK Tunas Rimba  Wongsorejo Mar’awati, Pengurus Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) Purwanto dan segenap jajaran KPH Banyuwangi Utara, siswa TK Tunas Rimba bersama wali Murid.

Dalam sambutanya Agus Santoso menyampaikan jika acara tersebut digelar bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan ikut melestarikan Penyu yang ada di Banyuwangi yang semakin lama semakin sedikit karena banyak di buru dan diambil dagingnya.

“Terutama bagi anak-anak usia dini yang masih duduk di TK sebagai generasi penerus kita nantinya.” ujar Agus.

TK Tunas Rimba Wongsorejo saat ini memiliki 65 (enam puluh lima) Siswa dengan Akreditasi A adalah TK Favorit di wilayah Kecamatan Wongsorejo. Sebelum Acara pelepasan Tukik diadakan acara penandatanganan Naskah Kerjasama antara TK Tunas Rimba Wongsorejo dengan Pengurus Yayasan BSTF yang merupakan organisasi Nirlaba, Non Pemerintah yang memiliki misi untuk menyelamatkan dan melestarikan penyu di luar kawasan konservasi.

Sebelum acara pelepasan tukik, Purwanto menyampaikan tentang bagaimana tukik bisa hidup di alam bebas setelah menetas dari telurnya, juga mengenai cara melepas tukik di laut agar nanti tukik tidak dehidrasi dan akhirnya mati. “Tukik adalah hewan yang sangat sensitif ketika masih kecil dia selalu terancam oleh hewan laut lain kalau dia berada di laut lepas,” paparnya.

Pelepasan tukik dilakukan bersama di pinggir pantai dengan setiap siswa melepaskan 1 (satu) ekor tukik. Terlihat dengan senang hati dan penuh kegembiraan para siswa melepaskan tukik ke alamnya.(Kom-PHT/Bwu/JY)

Editor : Ywn

Copyright©2019