Perhutani Bersama Kementerian LHK Adakan Vertek PS Kulin KK di Cepu

CEPU, PERHUTANI  (5/11/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH ) Cepu telah melaksanakan verifikasi teknis (Vertek) program Perhutanan Sosial (PS) skema Pengakuan dan Perlindungan  Kemitraan Kehutanan  (Kulin KK)  bersama petugas  Kementerian LHK  di Desa Pethgak dan Desa Mbak Merak Kecamatan Kasiman Kabupaten Blora, Senin ( 4/11).

Acara tersebut dihadiri oleh  petugas  Perhutani Cepu, staf Kementerian LHK, Kepala Desa Mbak Merak dan LMDH, serta tokoh masyarakat setempat.

Wakil Administratur KPH Cepu Syailendra menyampaikan pesan dari Administratur  bahwa untuk mendapat sertifikat pengelolaan PS  harus diadakan  Vertek  terlebih dahulu.

“Salah satu yang perlu diverifikasi  adalah data domisili penduduk. Maka masyarakat pesanggem Desa Mbak Merak dan Pethak  harus mempunyai  KTP dan Kartu Keluarga asli untuk mencocokkan data daftar  penggarap  yang sudah tercatat sebagai pengelola lahan hutan”, ujarnya.

Petugas Kementerian LHK  Iqbal Mutaqin menyampaikan bahwa pengakuan  hak untuk mengelola kawasan  tidak berarti  menjadi hak milik.

“Kawasan hutan tidak disertifikatkan karena tanah tersebut tanah negara. Pengggarap tanah  mendapat  maksimal 2 hektar dalam satu keluarga. Salah satu kewajiban  penggarap menyerahkan  PNBP 10 % sedang pajaknya dibayar oleh Perhutani. Kalau lahan tersebut ditanami Perhutani sampai akhir daur njenengan semua dapat 30%”, jelasnya.  ( Kom-PHT/Cpu/Prw)

Editor : Ywn

Copyright©2019