Perhutani dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy Tandatangani PKS Tanaman RHL di Bandung

BANDUNG, PERHUTANI (05/11/2019) | Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Barat dan Banten (Janten) bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) Kegiatan Pekerjaan Pemeliharaan Kedua (P2) kegiatan Reboisasi Konvensional dalam rangka pelaksanaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang bertempat di ruang rapat Tectona Kantor Divre Janten, Selasa (05/11).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Divre Jawa Barat dan Banten, Dicky Yuana Rady dengan Pejabat Pembuat Komitmen BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Eman Suherman serta Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy Rukma Dayadi yang disaksikan oleh Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut Nugraha, Administratur KPH Majalengka Andi Mulya, Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko, dan Administratur KPH Sumedang Asep Setiawan.

Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) di wilayah DAS Cimanuk–Citanduy sudah dimulai sejak tahun 2017 dengan realisasi keluasan sebesar 1.064,57 Ha yang berada di KPH Garut. Kegiatan ini merupakan lanjutan Pemeliharaan Kedua (P2) tanaman tahun 2017 yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui BPDASHL Cimanuk-Citanduy ke Perhutani Divre Jawa Barat dan Banten.

Dalam sambutannya Kadivre Janten, Dicky Yuana Rady menyatakan bahwa kegiatan RHL ini merupakan amanah yang luar biasa. Ia mengajak seluruh pelaksana di lapangan untuk bersama-sama mengawal dan mensukseskan kegiatan RHL tahun 2019.

“Harapan kami ini bisa menjadi momentum bersama untuk mensukseskan kegiatan RHL karena merupakan amanah yang sangat luar biasa. Pertanggungjawabannya pun tidak sebatas administrasi tetapi bagaimana kegiatan ini bisa terwujud dan berhasil.” tegasnya.

Sementara itu Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Rukma Dayadi berharap persentase tumbuh tanaman pada saat pemeriksaan bisa mencapai bahkan diatas 90% atau sesuai dengan perjanjian kerja sama yang telah disepakati. (Kom-PHT/DivreJanten/Cep)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019