Perhutani Gelar Pembentukan Forum Koordinasi Pengeloaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) di Cianjur

CIANJUR, PERHUTANI (05/11/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cianjur menggelar acara pembentukan Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Cianjur yang bertempat di ruang rapat Kantor KPH Cainjur, Selasa (05/11).

Pada kegiatan tersebut hadir Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman, Sekjen FKPDAS Jabar Yayat Hidayat, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Kabupaten Cianjur Iwan Mustafa, Administratur KPH Cianjur Mulyadi beserta jajaran, perwakilan Dinas Perkebunan Kabupaten Cianjur Abdul Fatah Sebut, perwakilan Akademisi Yusuf Maulana, Kelompok Tani Sunda Wani, media massa, serta tokoh masyarakat.

FKDAS dibentuk sebagai forum koordinasi multipihak berbasis komitmen bersama untuk mengelola ekosistem DAS secara profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. Forum dibentuk untuk menjembatani dan mengoptimalkan keterlibatan berbagai pihak dalam pengelolaan DAS secara terpadu.

Administratur KPH Cianjur, Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya FKPDAS Perhutani Cianjur  siap duduk bersama dalam pengawalan pengamanan DAS khususnya yang berada di wilayah pangkuan KPH Cianjur. Ia menambahkan adanya forum tersebut adalah dalam rangka penyamaan persepsi, fungsi dan manfaat FKPDAS sebagai wadah penyampaian informasi yang terjadi pada Daerah Aliran Sungai termasuk lingkungannya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman menerima baik program-program yang direncanakan FKPDAS untuk periode 2018-2023. Ia menghimbau dan mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan hidup.

“Mari kita jaga lingkungan hidup kita dengan motto Janganlah kita memberikan terhadap anak cucu kita Air Mata tapi berikanlan mereka Mata Air,” ungkap Herman. (Kom-PHT/Cjr/Rds)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019