Perhutani Terima Kunjungan Kerja Wagub Jabar di Wisata Langlang Panyawangan Bandung

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (05/11/2019) | Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi kawasan wisata Perhutani Langlang Panyawangan (Ujung Aspal) di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wanayasa, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cisalak, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH)  Bandung Utara, Senin (04/11).

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat lainnya seperti Sekda Kabupaten Purwakarta Iyus Permana yang didampingi jajaran Forkopimcam Kec. Kiarapedes dan Forkopimdes Desa Pasir Muncang, serta perwakilan LMDH Giri Pusaka. Maksud kunjungan tersebut adalah dalam rangka program pengembangan 10 titik potensi wisata kota dan kabupaten yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menanggapi kunjungan tersebut, Administratur KPH Bandung Utara Komarudin berharap program pemerintah Jawa Barat dapat dialokasikan di desa-desa sekitar hutan. Hal tersebut dikarenakan desa sekitar hutan sudah memiliki potensi hutan yang dapat dimanfaatkan melalui jasa lingkungan maupun agroforestry.

“Untuk mendukung program tersebut kami  siap bersinergi dengan pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat Desa. Dengan sinergi dan kolaborasi, mari kita lestarikan kawasan hutan dan tingkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Komarudin menambahkan, wisata Langlang Panyawangan punya potensi yang baik. Di sana pengunjung dapat merasakan kesejukan dan keindahan kawasan hutan yang didominasi pohon pinus. Dari Pasir Langlang Panyawangan pengunjung juga bisa menikmati keindahan Waduk Cirata dan bentang alam sekitarnya.

Dalam kunjugannya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan bahwa untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kemerataan kesejahteraan di masyarakat pihaknya tengah menjalankan program pengembangan potensi wisata di 10 titik khususnya pedesaan. Kunjungan ini merupakan bagian dari peninjauan potensi wisata tersebut.

“Saat ini kami masih dalam pendataan, belum pada tahap menentukan titik-titik mana saja yang akan dikembangkan. Pada prakteknya kedepan, Pemprov Jabar akan membantu membangun sarana prasarana dasar wisatanya saja seperti akses jalan, mushola, MCK, warung-warung dan lainnya,” terangnya. (Kom-PHT/Bdu/Eli)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019