KPH Banyuwangi Barat

OVERVIEW

22-foto-kph-bayuwangi-baratKesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat merupakan salah satu unit kelola sumberdaya hutan (SDH) Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur . Berdasarkan administrasi pemerintahan, KPH Banyuwangi Barat berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Menurut buku statistik Kabupaten Banyuwangi, luas hutan di Kabupaten Banyuwangi adalah 206.139,29 ha atau 35,6 % dari luas daratan Kabupaten Banyuwangi yang luasnya 5.782,50 km2. Luas kawasan hutan KPH Banyuwangi Barat adalah 42.707.16 Ha atau 7,4 % dari luas daratan Kabupaten Banyuwangi atau 20,72 % dari luas seluruh hutan di Kabupaten Banyuwangi.

Keadaan umum wilayah kerja secara lebih rinci kami sajikan sebagai berikut:

A. Kawasan Hutan

1. Bagian Hutan Kalisetail (kelas Perusahaan Pinus)

Bagian Hutan Kalisetail dengan luas 23.691 ha terletak dalam wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

Batas-batas hutan Bagian Hutan Kalisetail adalah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara : BH Wonosari KPH Bondowoso
b. Sebelah Timur : Tanah Pemajekan
c. Sebelah Selatan : BH Genteng KPH Banyuwangi Selatan
d. Sebelah Barat : BH Sempolan KPH Jember

Sedangkan secara geografis wilayah Bagian Hutan Kalisetail terletak pada:
a. Utara : 8o 12’ 19’’ Lintang Selatan
b. Timur : 8o 37’ 11,6’’ Lintang Selatan
c. Selatan : 7o 7’ 52,7’’ Timur Jakarta
d. Timur : 7o 30’ 19,1’’ Timur Jakarta

Topografi Bagian Hutan Kalisetail bergelombang, lereng-lereng curam dan curah yang dalam karena tebingnya yang cukup terjal.

Bagian hutan Kalisetail merupakan lereng yang membujur dari arah barat ke arah timur. Sebelah barat membujur gigir pegunungan Kali Mrawan, dari selatan ke Utara dengan lereng-lereng yang curam ditumbuhi hutan alam yang sebagian merupakan hutan lindung dengan ketinggian kurang lebih 500 m dpl.

Secara khusus di BH Kalisetail tidak ada Daerah Aliran Sungai (DAS), tetapi keberadaan sungai-sungai yang mengalir dalam wilayah ini mampu mengairi lahan pertanian di sekitarnya.

Berdasarkan survey dari Direktorat Tata Guna Tanah Dirjen Agraria Departemen Dalam Negeri tahun 1986, keadaan tanah di wilayah BH Kalisetali yang meliputi tekstur, kedalaman tanah, dan jenis tanah dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Di bagian hutan Kalisetail sebagian besar memiliki tekstur sedang dengan prosentase luas + 99,2% dari luas wilayah dan + 0,18% memiliki tekstur kasar
  2. Kedalaman tanah terbagi menjadi empat klasifikasi yaitu kedalaman tipe A yaitu kedalaman 90 cm keatas, kedalaman tipe B yaitu kedalaman 60-90 cm, kedalaman tipe C yaitu kedalaman 30-60 cm, dan kedalaman tipe D yaitu kedalaman kurang dari 30 cm. Di BH Kalisetail sebagian besar dengan kedalaman tipe tanah A dengan luas + 93,82% dari luas wilayah, kedalaman tanahtipe B + 5,41%, kedalaman tipe C + 0,77%, sedangkan kedalaman tanah tipe D tidak ada.
  3. Jenis tanah di BH Kalisetail didominasi oleh Podsolik seluas + 81,1% dari luas wilayah, Regosol seluas + 17,7%, dan Litosol seluas + 1,2%

Menurut SCHMIDT dan FERGUSON wilayah hutan BH Kalisetail digolongkan daerah yang beriklim C.

Selengkapnya pembagian hutan BH Kalisetail dapat dilihat pada tabel

bh-kalisetail

Bagian Hutan Licin Porolinggo (Kelas Perusahaan Damar).

Bagian Hutan Licin Porolinggo dengan luas 19.015,36 ha terletak dalam wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

Batas-batas hutan Bagian Hutan Licin Porolinggo adalah sebagai berikut :

a. Sebelah Utara : BH Alasbuluh gombeng KPH Bwi Utara
b. Sebelah Timur : Tanah Pemajekan
c. Sebelah Selatan : BH Kalisetail KPH Banyuwangi Barat
d. Sebelah Barat : BH Wonosari KPH Bondowoso

Sedangkan secara geografis wilayah Bagian Hutan Licin Porolinggo terletak pada:
a. Utara : -7o 53’ 20,88’’ Lintang Selatan
b. Timur : -8o 7’ 40,67’’ Lintang Selatan
c. Selatan : 7o 4’ 7,29’’ Timur Jakarta
d. Timur : 7o 26’ 0’’ Timur Jakarta

Topografi Bagian Hutan Licin Porolinggo bergelombang, lereng-lereng yang curam dan curah yang dalam sukar untuk dilalui karena tebingnya yang cukup terjal.

Bagian hutan Licin Porolinggo terletak di pegunungan Mrawan merupakan lereng yang membujur dari arah Timur ke arah Barat, dengan ketinggian kurang lebih 500 m dpl.

Secara khusus di BH Licin Porolinggo tidak ada Daerah Aliran Sungai (DAS), tetapi keberadaan sungai-sungai yang mengalir dalam wilayah ini mampu mengairi lahan pertanian di sekitarnya.

Berdasarkan survey dari Direktorat Tata Guna Tanah Dirjen Agraria Departemen Dalam Negeri tahun 1986, keadaan tanah di wilayah BH Licin Porolinggo yang meliputi tekstur, kedalaman tanah, dan jenis tanah dapat diuraikan sebagai berikut :

a. Tekstur tanah
Di bagian hutan Licin Porolinggo secara keseluruhan memiliki tekstur sedang.

b. Kedalaman tanah

Kedalaman tanah terbagi menjadi empat klasifikasi yaitu kedalaman tipe A yaitu kedalaman 90 cm keatas, kedalaman tipe B yaitu kedalaman 60-90 cm, kedalaman tipe C yaitu kedalaman 30-60 cm, dan kedalaman tipe D yaitu kedalaman kurang dari 30 cm. Di BH Kalisetail sebagian besar dengan kedalaman tipe tanah A dengan luas + 87,7% dari luas wilayah, kedalaman tanahtipe B + 7,18%, kedalaman tipe C + 5,12%, sedangkan kedalaman tanah tipe D tidak ada.

c. Jenis tanah
Jenis tanah di BH Licin Porolinggo didominasi oleh Podsolik seluas + 88,6% dari luas wilayah, dan Regosol seluas + 11,4%.

Menurut SCHMIDT dan FERGUSON wilayah hutan BH Licin Porolinggo digolongkan daerah yang beriklim B.

Selengkapnya pembagian hutan BH Licin porolinggo dapat dilihat pada tabel

Pembagian .Wilayah BH Licin Porolinggo

bh-porolinggo

(Lihat : Peta KPH)

Kelola Produksi

Kelola Lingkungan

Kelola Sosial

 

KPH BANYUWANGI BARAT

Jl. Jaksa Agung Soeprapto No 34 Banyuwangi
Telp: 0333 424327
Fax: 0333 421649