KPH Banyuwangi Selatan

Overview

Dok.Kom-PHT/Bws @2016

Dok.Kom-PHT/Bws @2016

Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan merupakan salah satu unit kelola sumberdaya hutan (SDH) Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur yang berkedudukan di Banyuwangi Wilayah hutan yang dikelola KPH Banyuwangi Selatan berdasarkan RPKH Jangka 2011-2020 adalah seluas 45.376,86 Ha yang merupakan klas perusahaan jati terdiri dari 39.542,26 Ha Hutan Produksi dan 5.834,60 Ha Hutan Lindung  yang secara Administratif wilayah kawasan hutan KPH Banyuwangi Selatan keseluruhannya masuk Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

Letak Geografis  7°47’46” Bujur  Barat dan  7°1’46” Bujur  Timur ,    8°16’33”  Lintang Utara dan 8°46’40” Lintang Selatan dan tipe iklim menurut SCHMIDT dan FERGUSON adalah tipe iklim D

Batas wilayah  Perum Perhutani Banyuwangi Selatan adalah  ;

  • Sebelah Utara dengan  KPH Banyuwangi Barat
  • Sebelah Timur dengan Taman Nasional Alas Purwo
  • Sebelah Selatan dengan Samudera Indonesia
  • Sebelah Barat dengan Taman Nasional Meru Betiri

Kawasan hutan KPH Banyuwangi Selatan terbagi dalam 2 bagian hutan, dimana bagian hutan terluas adalah BH Genteng dengan luas 26.362,14 Ha yang merupakan kelas perusahaan kayu jati dan BH Blambangan seluas19.032,03 Ha.dan dibagi menjadi 2 Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (SKPH), 7 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) dan 21 Resort Pemangkuan Hutan (RPH).  KPH Banyuwangi Selatan memilki tenaga kerja tetap sekitar 256 orang.

Keadaan lapangan di KPH Banyuwangi Selatan secara garis besar dapat digambarkan :

  • Bagian barat : Lapangan bergelombang sampai dengan sangat curam ke arah timur, terdapat pula beberapa gunung kecil diantaranya lampang,lembu,sekaran dan tumpangpitu.
  • Bagian tengah : Keadaan lapangan datar, ke arah utara sampai dengan Grajagan, keadaan lapangan bergelombang sampai dengan curam. Bagian timur dari kelompok ini merupakan segara anakan, yang keadaan lapangannya relatif datar secara terus menerus terendam air laut.
  • Bagian Timur : Keadaan pegunungan bergelombang yang semakin ke selatan rendah keadaan lapangannya.

Keadaan tanah di wilayah Bagian Hutan Genteng dan Bagian Hutan Blambangan berdasarkan Survey dari Direktorat Tata Guna Tanah Direktorat Jenderal Agraria Departemen Dalam Negeri Tahun 1986, sebagian besar didominasi oleh tanah Latosol coklat kemerahan dan litosol, sedang dan agak tua. Dibagian timur sebagian besar merupakan tanah lempung hitam, berat dan pada waktu kering retak karena mengandung Konkresi besi dalam bentuk hegel. Sementara dibagian selatan terdapat endapan kaolin dan asam kersik koloid sehingga kurang sarang.  (Lihat  : Peta KPH)

.

Kelola Produksi

Kelola Lingkungan

Kelola Sosial

Berita-Berita KPH Banyuwangi Selatan

 

Administratur  :  Ir.  DWIDJONO KISWURJANTO

 

KPH BANYUWANGI SELATAN

Jl. Jaksa Agung Soeprapto No 34  Banyuwangi
Telp: 0333 421649
Fax: 0333 411993