KPH Purwodadi

Overview

Perum Perhutani KPH Purwodadi sebagai salah satu perusahaan dengan sifat usaha sebagai penyedia pelayanan bagi kemanfaatan umum dan sekaligus memupuk keuntungan dimana dalam pengelolaan hutannya berdasarkan pada prinsip pengelolaan dan kelestarian Sumber Daya Hutan.

Dalam pengelolaan sumber daya hutan di propinsi Jawa Tengah, KPH Purwodadi berada dibawah pengelolaan kesatuan wilayah kerja Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Wilayah kerja KPH Purwodadi seluas 19.636,5 Ha dengan ketinggian antara 0 – 500 m dpl dengan topografi datar s/d curam, yang seluruhnya merupakan Kelas Perusahaan Jati, dan terbagi dalam 8 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan ( BKPH ), dengan pembagian sebagai berikut :

  • BH Grobogan ( BKPH Penganten, Jatipohon dan Linduk ) seluas 8.769,7 Ha.
  • BH Sambirejo ( BKPH Pojok, Sambirejo dan Tumpuk ) seluas 6.542,1 Ha.
  • BH Kradenan Utara ( BKPH Karangasem dan Bandung ) seluas 4.414,7 Ha.

Secara klimatologis, KPH Purwodadi berada pada kawasan dengan perbedaan antara musim hujan dan musim kemarau yang jelas dan termasuk dalam iklim Tipe C ( Schmidt and Fergusson ). Kawasan Hutan KPH Purwodadi secara administratif, masuk wilayah Kabupaten Pati seluas : 1.566,7 Ha dan masuk wilayah Kabupaten Grobogan seluas : 17.503,0 Ha dari jumlah luas kawasan hutan KPH Purwodadi : 19.636,5 Ha.

Hal ini menunjukkan bahwa kawasan hutan KPH Purwodadi bagian terluasnya (91.16%) terletak di kabupaten Grobogan. Terpusatnya luas kawasan hutan KPH Purwodadi terletak di wilayah kabupaten Grobogan, maka keadaan sosial ekonomi dari penduduk disekitarnya perlu mendapat gambaran yang lebih jelas.

Kabupaten Grobogan dengan luas 1.975,86 Km² Ha terbagi ke dalam 19 (sembilan belas) wilayah kecamatan, sedangkan yang terkait atau berdekatan dengan KPH Purwodadi ada 8 Kecamatan, yaitu : Kecamatan Wirosari, Kecamatan Tawangharjo, Kecamatan Ngaringan, Kecamatan Kelambu, Kecamatan Brati, Kecamatan Grobogan, Kecamatan Godong dan Kecamatan Purwodadi. Untuk Kabupaten Pati terdapat dua Kecamatan yaitu : Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Kayen. Sedangkan untuk Kabupaten Kudus yang berdekatan dengan KPH Purwodadi adalah Kecamatan Undaan. (Lihat : Peta KPH).

Pengelolaan Produksi

Pengelolaan Lingkungan

Pengelolaan Sosial

Laporan Semester 1 Tahun 2017

Laporan HCVF KPH Purwodadi 2011

Laporan Konsultasi Publik

Monev Biodiversity KPH Purwodadi 2017

Surat Audit FSC CW 2018

Notulen Konsultasi Publik

Berita-berita KPH Purwodadi

KPH PURWODADI

JL. GATOT SUBROTO NO. 1 , PURWODADI, GROBOGAN
Kode pos 58111
Telp 0292 421020
Fax 0292 421492