Produk Kimia Hutan

Perhutani menghasilkan Forest Chemical Products berupa Gondorukem dan Terpentin. Produk Gondorukem dan Terpentin merupakan hasil destilasi getah Pinus yang berkualitas tinggi. Produk lain yang masuk kedalam kategori ini adalah: kopal, minyak kayu putih, lak, minyak ylang-ylang dan sebagainya.

Gondorukem dan Terpentin

Produk ini diperoleh dari proses pengolahan atas getah pinus. Gondorukem merupakan produk resin alam yang banyak digunakan di bidang farmasi sedang minyak terpentin yang berwarna transparan putih adalah adalah pelarut yang kuat dan digunakan sebagai bahan baku pelarut cat, bahan baku parfum, desinfektan, dan campuran kimia lainnya. Kontribusi kedua produk ini terhadap total pendapatan Perum Perhutani cukup besar, yakni mencapai sekitar 30%. Perhutani melakukan berbagai inovasi proses produksi maupun penanaman pinus untuk menjaga mutu produk ini.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih diperoleh dari proses ekstraksi atas daun pohon kayu putih. Produk ini banyak digunakan pada industri farmasi. Untuk menjaga kualitas produk ini, Perum Perhutani mengembangkan benih unggul kayu putih di kebun benih semai selain melakukan inovasi pada proses ekstraksi dan penanganan produk.

Kopal

Kopal adalah hasil olahan getah (resin) yang disadap dari batang damar (Agathis dammara [sin. A. alba] dan beberapa Agathis lainnya) serta batang dari batang pohon anggota suku Burseraceae (Bursera, Protium). Kopal merupakan bahan dasar bagi cairan pelapis kertas supaya tinta tidak menyebar. Bahan ini juga dipakai sebagai campuran lak dan vernis.

Lak

Lak adalah hasil sekresi kutu lak atau dalam bahasa latin disebut Leccifer lacca, di budidayakan di ranting pohon kesambi dan inang. Lak diolah menjadi bahan isolator alat-alat listrik, bahan kosmetik, tinta dan pelitur.

Minyak ylang-ylang

Minyak ylang-ylang disuling dari bunga tanaman ylang-ylang (Cananga odorata forma genuine Hook Fil. et Thompson). Minyak ylang-ylang mempunyai aroma yang sangat wangi, atau setaraf dengan bau minyak melati, sehingga minyak ylang-ylang termasuk salah satu bahan pewangi dalam parfum yang mahal. Minyak kenanga mempunyai mutu bau yang lebih rendah bila dibandingkan dengan minyak ylang-ylang dan dipakai sebagai bahan pewangi sabun.

Pertanyaan dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
marketing@perhutani.co.id atau  commercial.nonwood@perhutani.co.id  atau menghubungi Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Industri Non Kayu masing-masing Divisi Regional  di alamat ini: Jawa Tengah,  Jawa Timur,  Jawa Barat & Banten.

 

Website  :   perhutani-commerce.co.id