Wilayah Kerja

Perum Perhutani Induk mengelola kawasan hutan di Pulau Jawa dan Madura seluas 2.445.006 Ha, terdiri dari Hutan Produksi (HP) seluas 1.806.448 Ha dan hutan lindung seluas 638.558 Ha. Luas hutan yang dikelola Perhutani tidak termasuk kawasan hutan suaka alam dan hutan wisata.

Dengan ditetapkannya Perum Perhutani sebagai Holding BUMN Kehutanan, maka kawasan Perum Perhutani sebagai Holding juga meliputi luar Pulau Jawa yaitu wilayah kerja PT Inhutani I – V.

Di bidang Perencanaan Pengelolaan SDH Perum Perhutani Induk didukung oleh satuan organisasi tingkat pusat yaitu Pusat Perencanaan SDH dengan jajaran ke bawahnya yaitu Biro Perencanaan SDH dan Perusahaan di masing-masing Divisi Regional, dan 13 Seksi Perencanaan Hutan (SPH) yang terdiri atas 4 (empat) SPH di Divisi Regional Jawa Tengah, 5 (lima) SPH di Divisi Regional Jawa Timur dan 4 (empat) SPH di Divisi Regional Jawa
Barat dan Banten.

Dalam mengelola kawasan hutannya, Perum Perhutani Induk membagi menjadi 3 Divisi Regional dengan 57 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) dan dalam pelaksanaan kegiatan bisnisnya, Perum Perhutani didukung pula oleh 5 (lima) Divisi Bisnis yaitu :
Divisi Komersial Kayu,
Divisi Industri Kayu,
Divisi Industri Gondorukem, Terpentin dan Derivat (GTD) & Minyak Kayu Putih (MKP),
Divisi Wisata dan Agribisnis,
Divisi Pemanfaatan & Pengelolaan Aset.