Pesan Direktur Utama

Selamat Datang di Situs Resmi Perum Perhutani.

Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 2010 merupakan mandat dan kepercayaan pemerintah kepada Perum Perhutani untuk mengelola hutan secara lestari sesuai visi “Menjadi Perusahaan Unggul Dalam Pengelolaan Hutan Lestari”. Mandat dan kepercayaan tersebut harus tetap kami jaga dan pelihara dengan mewujudkan kinerja perusahaan yang baik.

Perum Perhutani Group dengan delapan anak perusahaan mengelola bisnis sumberdaya hutan. Perusahaan mengelola lahan hutan seluas 3.7 juta hektar terdiri dari 2,4 juta hektar di Jawa Madura yang dikelola Perum Perhutani sebagai induk perusahaan dan 1,3 juta hektar di luar Jawa dan Madura yang dikelola anak perusahaan. Kami menghasilkan produk-produk yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat serta berperan dalam perekonomian Negara.

Sejak Oktober 2016, kami melakukan change process management dan Bussiness Process Redesign untuk unit-unit usaha tertentu guna meningkatkan efisiensi biaya perusahaan. Kemajuan sampai dengan akhir tahun dari kerja keras telah memungkinkan perusahaan dapat memperkuat landasan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan dengan memegang prinsip Good Corporate Governance.

Manajemen Perhutani menyadari bahwa bisnis pengelolaan sumberdaya hutan mengalami tantangan luar biasa terutama dinamika pasar yang semakin kompetitif dan selektif.  Dinamika perubahan eksternal terus kami respon dengan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan.  Untuk itu manajemen dan seluruh karyawan sepakat menyamakan cara berpikir, persepsi, semangat dan tindakan melandasi komitmen kerja Perum Perhutani tahun 2017 Back to Basic fokus pada Disciplined Execution, Efficient Through Process And Accountability.

Disciplined Execution adalah kepatuhan dan ketaatan dalam menjalankan keputusan manajemen. Kedisiplinan melakukan eksekusi kegiatan atau rencana kerja secara professional dan tuntas, tidak menunda-nunda serta berorientasi target sesuai tata waktu yang telah ditetapkan.

Efficient Thought Process adalah sebuah cara berpikir manajemen dan seluruh  karyawan yang berlandaskan pada efisiensi penggunaan sumberdaya dalam bekerja, efisien merupakan nilai luhur dan harus menjadi budaya yang melekat.

Accountability adalah sebuah pertanggungjawaban pada setiap keputusan dan tindakan yang diambil compliance terhadap aturan yang ada. Tanggungjawab ini melekat pada kami dan seluruh karyawan dalam bekerja dengan tindakan tegas dan cepat atas pelanggaran.

Kami optimis bahwa komitmen kerja 2017 yang menjadi tolok ukur kinerja selama proses perubahan akan menjadikan Perum Perhutani mampu terus tumbuh berkembang menjadi perusahaan yang menyediakan produk kehutanan dengan sistem pelayanan terbaik dan professional kedepannya.

Jakarta,   03 Januari 2017

DENALDY M. MAUNA

Direktur Utama