Board Of Manual

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

  1. Penyusunan Board Manual merupakan salah satu wujud komitmen Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara (Perum Perhutani selanjutnya disebut Perusahaan) dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dalam rangka pengelolaan Perusahaan untuk menjalankan misi dan mencapai visi yang telah ditetapkan.
  2. Penerapan GCG di Perusahaan tidak hanya untuk memenuhi peraturan dan perundang- undangan saja, namun harus mampu mewujudkan prinsip-prinsip GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran, di dalam kegiatan Perusahaan secara konsisten.
  3. Penerapan GCG di Perusahaan dapat meningkatkan keyakinan Pemilik Modal dan pemangku kepentingan (Stakeholders) lainnya terhadap kemampuan mengelola dan meningkatkan nilai Perusahaan.
  4. Board Manual ini berisi pedoman praktis bagi Dewan Pengawas dan Direksi dalam penerapan GCG di Perusahaan.

B. Maksud dan Tujuan

Dewan Pengawas dan Direksi sebagai bagian dari Organ Perusahaan, harus menjadikan dirinya suri tauladan yang baik (role model) bagi seluruh Insan Perhutani. Pelaksanaan tugas dan fungsi organ Perusahaan ini harus dilaksanakan dengan itikad baik, penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan Perusahaan.

Board Manual berisikan kompilasi dari prinsip-prinsip hukum korporasi, peraturan perundang-undangan yang berlaku, arahan Pemilik Modal dan ketentuan Anggaran Dasar (sebagaimana tercantum dalam Bab III, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 72 tahun 2010 tentang Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara) yang mengatur tata kerja Dewan Pengawas dan Direksi.
Board Manual juga merupakan hasil kompilasi dari berbagai peraturan yang berlaku bagi Perusahaan dan praktik-praktik terbaik (best practices) prinsip-prinsip GCG.

Tujuan Board Manual adalah memberikan pedoman kepada Dewan Pengawas dan Direksi dalam memahami peraturan-peraturan yang terkait dengan tata kerja Dewan Pengawas dan Direksi.
Mengingat Board Manual merupakan kompilasi dari prinsip-prinsip hukum korporasi, maka dalam pelaksanaannya harus tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berbagai ketentuan rinci yang terdapat dalam Anggaran Dasar dan arahan Pemilik Modal, serta berbagai ketentuan hukum lainnya tetap mengikat walaupun tidak secara spesifik diuraikan dalam Board Manual ini.

Prinsip itikad baik, penuh tanggung jawab dan fiduciary duties, skill and care yang melekat dengan pemegang jabatan Dewan Pengawas dan Direksi adalah prinsip umum yang harus tetap dihormati oleh Organ Perusahaan yang bertugas mengawasi dan mengurus Perusahaan.

Selengkapnya …….