Biomass

Perum Perhutani dan KGPA telah melaksanakan  Memorandum of Understanding/MOU pada tanggal 30 April 2013 di gedung Forest Vision Center milik KGPA di Seoul Korea Selatan dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (Joint Operation Contract) oleh Kepala Perum Perhutani Jawa Tengah dan Presiden Direktur PT. KGPA Indonesia Mr. Lee Chang-Bae,

Proyek biomassa dimaksudkan untuk memenuhi permintaan pellet kayu tinggi di Korea dan untuk  mendukung pembangunan sebagai komitmen global .

Perum Perhutani dan KGPA sepakat melakukan uji coba penanaman untuk menguji asumsi bahwa produksi / hasil tanaman biomassa yang dicapai minimal 50 m3/Ha/Tahun.  Kerjasama ini adalah  proyek percontohan yang akan menjadi landasan  dasar bagi keputusan yang lebih besar di masa mendatang.

Uji coba  penanaman tanaman biomassa di lahan dengan luasan +/- 500,9  Ha, dengan mengambil lokasi Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah KPH Semarang BKPH Tanggung dan BKPH Padas seluas 500,9 ha, dengan jenis tanaman Gliricidia sepium jarak tanam 1 x 1 meter.  Perjanjian Kerjasama ini berakhir pada tanggal 31 Juli 2015.  Hasil dari penanaman tersebut nantinya digunakan untuk kegiatan industri wood pellet Solar Park.