SUMEDANG PERHUTANI,(11/1/2023) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang menggelar kegiatan Job Training dan Pelatihan Cutting Test terkait pelaksanaan tebangan yang ada di kawasan hutan petak 44e Resort Pemangkuan Hutan (RPH)Cipelang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Conggeang, Hari Rabu (11/1).

Kegiatan job training dan pelatihan Cutting Test tersebut di hadiri oleh Administratur/KKPH Sumedang Herry Darmawan yang diwakili Wakil Administratur/KKPH Sumedang Utara Alexander D. B Martanto , Segenap Kasi wilayah KPH Sumedang dan Segenap Asper (Asisten Perhutani) beserta jajaran, Kepala Desa Babakan Asem Emid Koswara, serta ketua LMDH Mustika Asem Rasji Sholeh beserta anggota.

Alexander D. B Martanto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengertian yang sama dan paham  tentang teknik  cara penebangan kayu  dan pembagian batang, selanjutnya mampu menerapkamn administrasi  tata usaha hasil hutan yang benar.

“Kegiatan job training ini dalam rangka menerapkan metode pembagian batang  yang optimal dimana hasil kayu yang ditebang  sudah memiliki barcode akan memuat informasi hingga terdeteksi dimana posisi kayu berasal dan mempermudah melakukan lacak balak., ” Pungkasnya.

Plt Kasi Produksi Koma menambahkan bahwa Cutting Test ini dalam rangka menerapkan metode dalam pembagian batang yang benar-benar optimal

“Nantinya hasil kayu yang di tebang sudah memiliki barcode yang memuat informasi hingga bisa terdeteksi dimana posisi kayu, sehingga mempermudah dalam melakukan lacak balak atau penelusuran asal kayu,” Tandasnya.

Sementara itu Asem Rasji Sholeh mengucapkan terimakasih kepada jajaran Perhutani KPH Sumedang yang telah memberikan kesempatan LMDH berpartisipasi dalam kegiatan tersebut

“Banyak ilmu yang didapat dari kegiatan ini, masyarakat Desa Hutan selama ini ikut berkontribusi dalam membantu kegiatan Perhutani, salah satunya kegiatan produksi kayu, semoga ini menjadi pengalaman dan pengetahuan yang yang bermanfaat” Pungkasnya (Kom-PHT/Smd/Tm).